Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung

Nurul Al Fatana (Universitas Negeri Makassar)
Akmal Hamsa (Universitas Negeri Makassar)
Salam Salam (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil keterampilan menulis teks deskripsi sebelum dan setelah menggunakan model think pair share dan model pembelajaran think talk write terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung serta membuktikan pengaruh model pembelajaran think pair share model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan menggunakan jenis penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung. Penarikan sampel dilakukan dengan Teknik simple random sampling dengan jumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis yang dibagi menjadi dua yaitu pre-test dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS version 26 for windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung sebelum menggunakan model pembelajaran think pair share berada pada taraf kategori kurang terampil yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 42.548 dan setelah menggunakan model pembelajaran think pair share berada pada taraf kategori terampil yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar 82.331. (2) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung sebelum menggunakan model pembelajaran think talk write berada pada taraf kategori kurang terampil yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar adalah 43.75 dan setelah menggunakan model pembelajaran think talk write berada pada taraf kategori terampil yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar adalah 83.653; (3) berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t), diperoleh nilai hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tinambung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...