The Indonesian Journal of Computer Science
Vol. 12 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Computer Science Volume 12. No. 2 (2023)

Evaluasi Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Book Augmented Reality Menggunakan USE QUESTIONNAIRE

Vivi Gesilanda (Pendidikan Teknik Informatika,Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sukirman (Unknown)
Naviatul Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu memvisualisasikan objek maya 3D ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Dengan teknologi AR, visualisasi objek 3D menjadi lebih mudah dipahami saat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran puzzle book AR menggunakan USE Questionnaire. Evaluasi yang dilakukan melibatkan partisipan sebanyak 32 siswa, parameter yang dinilai dalam evaluasi antara lain Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning dan Saticfation. Tiga parameter pertama merupakan variabel independen dan parameter terakhir (saticfation) adalah variabel dependen. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap parameter tersebut, diperoleh hasil bahwa ketiga parameter independen itu memiliki korelasi positif terhadap saticfation yang ditunjukkan melalui uji reliabilitas dengan skor cronbach’s alpha sebesar 0,765 (usefulness), 0,778 (ease of use), 0,758 (ease of leraning), dan 0,795 (saticfation). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle book AR ini usable untuk dapat dijadikan sebagai media pembelajaran karena dengan adanya media ini siswa lebih mudah memahami materi/pembelajaran yang disampaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Indonesian Journal of Computer Science (IJCS) is a bimonthly peer-reviewed journal published by AI Society and STMIK Indonesia. IJCS editions will be published at the end of February, April, June, August, October and December. The scope of IJCS includes general computer science, information ...