Score
Vol 4 No 1 (2024): Score

Motivasi Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan dalam Memelihara Kebugaran pada Masa Pandemi Covid-19

Nabila Tanti Pramuja (Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi)
Wawan Junresti Daya (Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi)
Rafzan Rafzan (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya motivasi mahasiswa dalam memelihara kebugaran jasmani selama pandemi Covid-19, yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi dalam memelihara kebugaran jasmani pada masa pandemi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi 121 mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling-simple random sampling, dengan 35 responden yang diambil secara acak. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam memelihara kebugaran jasmani selama pandemi berada pada kategori tinggi, dengan 57,1% responden (20 dari 35) menunjukkan tingkat motivasi yang tinggi. Kesimpulannya, meskipun tantangan pandemi, mahasiswa Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Jambi tetap memiliki motivasi yang kuat untuk menjaga kebugaran jasmani. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengeksplorasi faktor-faktor yang mendukung motivasi tersebut dan strategi untuk mempertahankan atau meningkatkan motivasi di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

score

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Journal Score Journal Score publishes research on various aspects of sports and exercise science, including anatomy, biomechanics, performance analysis, physiology, psychology, sports nutrition, health and well-being, as well as talent and physical development and identification. ...