UMKM TS Alumunium di kelurahan Sorosutan Yogyakarta, adalah usaha mikro kecil menengah yang mengkhususkan diri dalam pembuatan peralatan masak dari alumunium. UMKM ini menghadapi beberapa kendala, salah satu tantangan utamanya adalah minimnya pemanfaatan teknologi dan media digital dalam mengelola keuangan dan strategi pemasaran. Proses pencatatan keuangan masih dilakukan secara manual, dengan risiko kesalahan pencatatan dan perhitungan serta memakan banyak waktu. Selain itu, pendekatan pemasaran yang digunakan yaitu dengan menjual produk di pasar-pasar terdekat. Dengan demikian, penjualan UMKM belum dapat optimal. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdian memberikan solusi berupa pendampingan digital marketing dan sistem informasi akuntansi. Langkah berikut dilakukan dengan memanfaatkan media digital dalam pencatatan keuangan seperti menggunakan software dan strategi pemasaran melalui e-commerce. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan UMKM TS Alumunium dalam melakukan pencatatan keuangan secara digital serta melakukan analisis atas informasi akuntansi. Selain itu, pengabdian ini juga bertujuan memperluas pangsa pasar untuk meningkatkan penjualan produk-produk UMKM TS Alumunium.
Copyrights © 2024