Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
Vol 6 No 2 (2024): EDISI 20

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-TIKET DAN PAKET WISATA DENGAN MENERAPKAN METODE ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM)

Lalu Moh. Nurkholis (Universitas Teknologi Mataram)
Maspaeni Maspaeni (Universitas Teknologi Mataram)
Rabi’atul Adawiyah (Universitas Teknologi Mataram)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penggunaan sistem informasi di era digital saat ini memiliki peran yang sangat sentral dalam pengelolaan paket wisata dan pemesanan tiket secara online (e-tiket). Pengelolaan paket wisata, pemesanan tiket, dan interaksi dengan pengunjung di Desa Wisata Karang Sidemen Lombok Tengah masih mengandalkan metode konvensional, padahal Desa Wisata Karang Sidemen Lombok Tengah memiliki potensi besar sebagai tujuan wisata yang menarik.Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah Sistem Informasi E-Tiket dan Paket Wisata dengan menerapkan Metode Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) untuk diterapkan di Desa widata Karang Sidemen agar dapat memudahakan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket dimanapun dan kapanpun, melihat informasi wisata, paket wisata dan lain-lain. Metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem informasi e-tiket dan paket wisata ini adalah metode waterfall dengan pengujian menggunakan metode black box testing. Dalam pengujian sistem informasi ini, melibatkan 13 responden yaitu 3 orang respnden untuk uji fungsionalitas sistem dan 10 responden untuk uji usabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sistem informasi e-tiket dan paket wisata yang dibangun dengan menerapkan metode E-CRM pada Desa wisata Karang Sidemen, dari hasil uji fungsionalitas, semua menu ataupun fitur berfungsi dan berhasil dengan baik, sedangkan dari hasil uji usibiltas terkait kesesuaian dengan kebutuhan pengguna dihasilkan kesesuaiannya sebesar 79%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JINTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & ...