cover
Contact Name
Eri Sasmita Susanto
Contact Email
eri.sasmita.susanto@uts.ac.id
Phone
+6287739570750
Journal Mail Official
jurnal.informatika@uts.ac.id
Editorial Address
Jln. Raya Olat Maras, Batu Alang, Kec. Moyo Hulu, Kab. Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. 84371
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
ISSN : -     EISSN : 26863359     DOI : https://doi.org/10.51401/jinteks.v3i3.1260
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & Security serta Artificial Inteligence. disamping itu Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) juga mengelola publikasi yang terkait dengan ilmu Keteknikan / Engineering dan bidang sains yang meliputi matematika komputasi, Biomatematika serta Fisika terapan yang mengarah pada komputasi. Tujuan dan Lingkup Jurnal Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains (JINTEKS) akan memuat hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknologi Informasi, Komputer dan Sains yang belum pernah diterbitkan maupun sedang dikirim ke jurnal lain. Lingkup Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains (JINTEKS) meliputi bidang Teknologi Informasi, Komputer dan Sains yang meliputi: Pemrograman Database Kecerdasan buatan Jaringan komputer Teknologi cloud Interfacing Sistem embedded Pengolahan citra E-commerce Sistem pengambilan keputusan Komputer Sains serta bidang-bidang lain yang relevan dengan teknologi informasi dan komputer
Articles 224 Documents
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI AKADEMIK PADA BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS WEB (STUDI KASUS DILA SAMAWA) Rodianto; Eva Sapitri Andani
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.617 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.368

Abstract

Bimbingan belajar adalah suatu bentuk kegiatan dalam proses belajar yang dilakukan oleh seseorang yang telah memiliki kemampuan lebih dalam banyak hal untuk diberikan kepada orang lain. Dila Samawa merupakan salah satu contoh pendiri bimbingan belajar di Kabupaten Sumbawa bersama Yayasan Tangan Penolong yang berpusat di Jakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem manual yang sedang berjalan di Dila Samawa menjadi sistem yang terkomputerisasi, dengan adanya permasalahan tersebut sehingga dapat dibangun Sistem Informasi Administrasi Akademik Bimbingan Belajar Dila Samawa Berbasis Web, untuk metode perangkat lunak menggunakan waterfall, bahasa yang digunakan adalah PHP dan perancangan system menggunakan DFD (Data Flow Diagram). Sistem ini akan mempermudah admin, tutor, siswa maupun masyarakat dalam mengelolah dan mendapatkan informasi tentang administrasi akademik bimbingan belajar Dila Samawa
RANCANG BANGUN PENGOLAHAN DATAPADA DESA BATU TERING SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI WISATA BERBASIS WEB Tomy Dwi Cahyono; Firmansyah Putra; M.Julkarnaen
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1087.017 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.369

Abstract

Pengolahan Data pada Desa Batu Tering Sebagai Media promosi dan informasi Berbasis Web saat ini sangat diperlukan terutama dalam memperkenalkan sebuah daerah. Pengolahan data ini berfokus pada pelayanan impormasi dan pormosi wisata sehingga membantu mengembangkan media informasi dalam promosi desa, potensi, dan produk yang ada. Mempermudah masyarakat medapatkan informasi tentang desa batu tering, serta dapat melakukan proses pemesanan produk, pada Desa Batu Tering. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Pengoahan Data Pada Desa Batu Tering Sebagai MediaPromosi Dan Informasi Wisata Berbasis Web. Sehingga membantu mewujudkan Visi dalam mempromosikan produk dan wisata yang ada di Desa Batu Tering melalui web, Memudahkan pemerintah desa dalam memberikan informasi untuk mempromosikan wisata, potensi, dan produk yang bisa di pesan langsung lewat web oleh masyarakat luas,Memudahkan pengguna dalam mengakses informasi pada Desa Batu Tering
SISTEM INFORMASI INVENTORY DATA BARANG PADA UD. MUTIARA MEUBEL BERBASIS WEB Guslan; Rodianto
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1266.349 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.370

Abstract

Sistem Informasi Inventory Data Barang Pada UD. Mutiara Meubel, yang bertujuan untuk memudahkan dalam proses meng-input data barang dan proses teransaksi yang tidak lagi dilakukan secara manual yang dapat berlangsung dengan lebih cepat dan efisien serta dapat mengurangi tingkat kesalahan yang mungkin terjadi. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan melakukan pengumpulan data,observasi pengamatan secara langsung wawancara, dan dokumentasi.Data yang digunakan meliputi data stok barang data proses transaksi. Analisis data, serta metode perancangan sistem yang digunakan dibuat melalui tahapan-tahapan definisi alur kerja sistem yang berjalan, Data Flow Diagram, perancangan database, serta desain Input-Output sistem. Dari pengamatan serta penelitian yang dilakukan dapat diketahui. UD Mutiara Meubel memerlukan pengolahan data berupa sitem Informasi Inventory yang memudahkan dalam proses meng-input Barang dan mencari barang yang telah di-input, sehingga diharapkan akan menhasilkan Sistem Informasi Inventory Data Barang yang lebih baik dari sistem manual.
APLIKASI PELAYANAN ADMINISTRASI DESA KARANG DIMA BERBASIS WEB Indra Jaya Putra; Muhammad Hidayatullah; Aswin Tri Juniarta
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (998.867 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.371

Abstract

Saat ini teknologi sangat berperan penting dalam semua bidang, salah satunya dalam bidang Administrasi. Desa Karang Dima merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Labuhan Badas, mempunyai luas wilayah 32,14 pada tahun 2018. Desa Karang Dima mempunyai 2.047 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 6.951 jiwa.Penelitian ini bertujuan menyelsaikan masalah yang ada dalam Pelayanan Administrasi di Desa Karang Dima dengan merancang dan membangun Aplikasi Pelayanan Administrasi Penduduk. Aplikasi ini fokus pada pelayanan Administrasi (pembuatan surat) agar proses yang dilakukan lebih mudah dan cepat sehingga dapat memuaskan masyarakat dalam pelayanan administrasi oleh staf Desa Karang Dima. Aplikasi berbasis WEB dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan Mysql sebagai database. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian Black-Box. Hasil akhir dari penelitian ini adalahAplikasi Pelayanan Administrasi Desa Karang Dima Berbasis Web yang dapat membantu Admin Desa dalam memberikan pelayanan administrasi kepada warga desa secara cepat dan tepat.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SARANA DAN PRASARANA DI UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA (UTS) BERBASIS WEB Irwan Sakti Pratama; Nawassyarif; Jannatun Aliyah
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1161.198 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.372

Abstract

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang terletak di pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara barat. Sebagai intitusi pendidikan, dalam menunjang proses operasionalnya diperlukannya sarana dan prasarana yang memadai, Maka dibentuklah biro Sarana dan Prasarana (SARPRAS) bertugas untuk mendata setiap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh UTS dengan cara memberikan nomor identitas, jumlah stok, penempatan, peminjaman dan pengembalian, pengadaan sampai dengan mutasi. Selama ini pihak sarpras masih melakukan pendataan dengan cara mengetikan dengan tools Microsoft office yang dimana sering ditemukan beberapa ketidak cocokan antara data dengan aslinya dan terdapat data yang. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pengelolaan data inventaris UTS berbasis Web. Dalam pengembangannya menggunakan metode waterfall dengan metode pengumpulan data kualitatif bersifat deskriprtif. Pengembangan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, JavaScript, CodeIgniter, Jquery dan MySQL dengan pengujian perangkat lunak menggunakan black-box. Dari penelitian yang dilakukan bahwa sistem dapat membantu proses pengelolaan data inventaris di biro SARPRAS UTS dengan penilaian baik yang menandakan bahwa sistem tersebut layak untuk digunakan
RANCANG BANGUN APLIKASI JANGO (KUNJUNGAN) DESA BERBASIS WEB (STUDI KASUS DESA MAMA KABUPATEN SUMBAWA) Kiki Rizki; Shinta Esabella; Aswin Try Juniarta
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.431 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Merancang dan Membangun Aplikasi Jango (Kunjungan) Desa Berbasis Web (Studi Kasus Desa Mama Kabupaten Sumbawa), yang dapat memudahkan seorang baik dari Sumbawa maupun luar Sumbawa untuk mendapatkan data dan informasi secara rinci serta potensi yang ada di desa Mama. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrogramman PHP dengan menggunakan Css Bootstrap dan MySql sebagai database. Adapaun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka, wawancara, dan observasi serta menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Adapun metode pengujian dalam penelitian ini yang dilakukan melalui pengujian black-box yaitu pengujian yang dilakukan dengan menguji perangkat lunak dari segi fungsionalitas. Dalam Rancang Bangun Aplikasi Jango (Kunjungan) Desa Berbasis Web terdapat informasi profil, informasi penduduk, informasi kontak, serta informasi produk dan informasi potensi yang dapat melakukan proses komentar di web Desa Mama.
ANALISIS DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI SEKOLAH DIGITAL Yudi Mulyanto; Kudratullah
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (890.05 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.375

Abstract

Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu lembaga pendidikan tingkat dasar yang menjadi rumah edukasi bagi peserta didik. SD Negeri 2 Sumbawa Besar merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memperoleh predikat Sekolah Rujukan Nasional telah menerapkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan infrastruktur jaringan komputer, pada SD Negeri 2 Sumbawa. Penelitian ini dikembangkan menggunakan perangkat jaringan seperti Router Mikrotik, windows Server 2012, dan perangkat jaringan pendukung lainya Metode pengembangan jaringan menggunakan metode Nerwork Developmen Life Cycle (NDLC). Dimulai dengan proses analisa, perancangan, simulasi, implementasi, monitoring hingga manajemen. Instrumen Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil akhir dari penelitian ini adalah infrastruktur jaringan komputer yang telah mencover seluruh wilayah sekolah. sehingga SD Negeri 2 Sumbawa Besar mampu menerapkan aktifitas digitalisasi dan pengembangan kemampuan ilmu pengetahun dan teknologi kepada seluruh warga sekolah
RANCANG BANGUN APLIKASI HYBRID PENJUALAN KULINER DI PANTAI JEMPOL SUMBAWA Mukliani; Yudi Mulyanto; Yana Karisma
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.911 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.376

Abstract

Penjualan merupakan aset usaha yang terpadu dalam mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan serta keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba. Pantai Jempol Sumbawa merupakan salah satu contoh tempat yang memiliki sekumpulan usaha pedagangan khususnya pada usaha bidang kuliner yang dapat di kembangkan. Dalam hal inimaka untuk itu penulis bertujuan merancang dan membangun sebuah aplikasi hybrid penjualan dan pemasaran yang informasinya akurat relevan dan tepat waktu yakni yang berjudul Aplikasi Hybrid Pejualan Kuliner di Pantai Jempol Sumbawa. Dalam penelitian ini metode yang digunakanialah metode waterfall. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuat sistem manual yang sedang berjalan pada pantai Jempol (Jembatan Polak) menjadi sistem yang terkomputerisasi, sehingga dapat dibangun aplikasi tersebut. Aplikasi ini mempermudah admin, penjual, customer maupun masyarakat dalam melakukan proses penjualan serta mendapat informasi tentang penjualan kuliner dipantai jempol sumbawa
RANCANG BANGUN SIMULASI EDUKASI TATA CARA SHOLAT 5 WAKTU DAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR Rahmat Hidayat; I Made Widiarta; Fahri Hamdani
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.68 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.377

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk merancang dan membangun Game Edukasi Tata Cara Sholat 5 Waktu dan Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Virtual Reality (VR) agar dapat dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam melakukan proses belajar mengajar. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan metode pengumpulaln data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka serta menggunakan metode Prototype sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Game Edukasi Tata Cara Sholat 5 Waktu dan Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Virtual Reality (VR) ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman C# dan Photoshop, Blender untuk membuat desain gambar 3 dimensi (3D). Dalam Game Edukasi Tata Cara Sholat 5 Waktu dan Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Virtual Reality (VR) nantinya guru mata pelajaran pendidikan agama Islam memiliki wewenang untuk menggunakan metode ini untuk melakukan proses belajar mengajar yang efektif
RANCANG BANGUN APLIKASI KLASIFIKASI PLAGIARISME DENGAN MEMANFAATKAN MACHINE LEARNING BERBASIS ANDROID Mazmur Triputra; Eri Sasmita Susanto; Wilia Ismiyarti
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 1 No 1 (2019): EDISI 1
Publisher : Program Studi Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1460.142 KB) | DOI: 10.51401/jinteks.v1i1.378

Abstract

Plagiarisme adalah kegiatan yang meniru pekerjaan orang lain, baik dalam bentuk karya ilmiah, menggambar karya, karya musik dan lain-lain. Dalam pemahaman karya ilmiah adalah hasil penelitian ilmiah yang diterbitkan/ditulis oleh orang atau beberapa orang yang karyanya dapat dianggap bertanggung jawab atas kebenaran. Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) adalah sebuah universitas swasta yang terletak di desa Pernek, Moyo hulu, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Memiliki banyak mahasiswa dan dosen di komunitas akademik, pada semester akhir siswa menulis makalah ilmiah adalah salah satu persyaratan kelulusan dalam rangka untuk mendapatkan gelar sarjana (S-1), tetapi masih ada unsur plagiarisme untuk mempercepat proses penulisan makalah ilmiah, bukan hanya mahasiswa tetapi dosen juga mengalami kesulitan membuat jurnal penelitian karena kurangnya tulisan asli yang merupakan bahan untuk membuat jurnal. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi Android klasifikasi plagariarisme dengan machine learning. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman asli Java dengan machine learning Optical Character Recognation (OCR) dan Copyleaks API Cloud computing sebagai pendeteksi plagiat ini dan metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Waterfall model. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian blackbox testing. Instrumen pengumpulan data teknik penelitian menggunakan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan studi sastra. Hasil akhir dari penelitian ini adalah desain aplikasi klasifikasi plagiarisme berbasis Android untuk memfasilitasi pembuatan jurnal umum di lembaga penelitian dan layanan masyarakat dan mengurangi unsur plagiarisme dalam membuat karya ilmiah dan penelitian Sumbawa Universitas Teknolog

Page 1 of 23 | Total Record : 224