Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol. 3 No. 2 (2017): Desember 2017

Integrasi Sikap Ilmiah pada Media Komik Digital untuk Pembelajaran Biologi di SMP

Supriyadi Supriyadi (UIN Raden Intan Lampung)
Nisda Yunia (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Beralas pada hakikat pembelajaran sains, belajar biologi di SMP/MTs diarahkan, salah satunya, untuk memupuk sikap ilmiah. Karena itu, setiap aktivitas belajar, media pembelajaran, serta asesmen pembelajaran sudah sepatutnya bernuansa pengembangan sikap ilmiah. Penelitian ini bermaksud mengembangkan media komik digital biologi yang terintegrasi sikap ilmiah peserta didik pada konsep sistem pencernaan makanan untuk kelas VIII SMP/MTs. Komik diciptakan berdasar pada gagasan PAIKEM. Komik dikemas berbentuk media digital agar mudah, efisien, dan praktis. Desain penelitian yang digunakan yaitu reasearch and development (R & D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pasca melewati tahap validasi ahli, uji coba produk pada 50 responden peserta didikkelas VIII. Produk hasil pengembangan dikategorikan layak dengan rata-rata skor 3,88 oleh ahli media, 3,90 oleh ahli materi, 3,84 oleh ahli bahasa dan kategori sangat layak sebesar 3,93 oleh guru. Media komik digital biologi terintegrasi sikap ilmiah dapat meningkatkan penguatan karakter ilmiah siswa. Hasil analisis angket memperliahatkan peningkatan peningakatan persentase sikap curiosity (70%), sikap religius (82%), sikap tanggung jawab (49 %), sikap objektif (86,5 %).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biodik

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Social Sciences

Description

Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ...