Salah satu strategi pembelajaran biologi adalah strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). Strategi ini merupakan rencana kegiatan pembelajaran untuk mengaktifkan mahasiswa. Strategi ini merupakan cara peserta didik untuk mendiskusikan permasalahan dengan beranggotakan tiga orang. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-dasar dan proses pembelajaran biologi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian True Experimental Design. Peneliti ini telah dilakukan pada semester Ganjil 2017/2018. Sedangkan sampel yang digunakan kelas Reguler A Semester 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas reguler B Semester 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek kogitif adalah thitung =2,395 dan ttabel = 1,674. Aspek afektif adalah thitung = 2,733 dan ttabel = 1,674. Pada aspek Psikomotor thitung = 2,520 dan ttabel = 1,674. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek kognitif penggunaan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Pada aspek afektif perlakuan yang berbeda pada waktu proses pembelajaran sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang berbeda pula. Sedangkan pada aspek psikomotor terdapat keaktifan serta keterampilan mahasiswa dikelas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah DPPB. Diharapkan strategi pembelajaran RTE dapat digunakan dalam Pembelajaran mata kuliah lain.
Copyrights © 2017