This study aims to determine the effect of the PBL learning model on students' critical thinking skills in plant propagation system material. The method used in this study was a quasi-experimental with the matching-only posttest only control group design research model, with a non-random assignment sampling technique consisting of class VIII-A as the experimental class and class VIII-B as the control class, respectively. -each as many as 20 students in each class. The results of this study indicate that there is no effect of the PBL learning model on students' critical thinking skills. Key words: PBL model, critical thinking ability, plant reproduction system  ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem perkembangbiakan tumbuhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen kuasi dengan model penelitian the matching-only posttest only control group design,  dengan Teknik pengambilan sampel non-random assignment yang terdiri dari kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol, masing-masing sebanyak 20 peserta didik pada setiap kelasnya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Model PBL, Kemampuan berpikir kritis, sistem perkembangbiakan tumbuhan
Copyrights © 2023