Biokatalis: Jurnal Ilmu Biologi dan Pendidikan Biologi
Vol. 1 No. 2 (2024): TERBITAN JUNI

Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Guru Biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin

Nisra Nisra (IAIN Kendari)
Masdin Masdin (Institut Agama Islam Negeri Kendari)
Hilda Ayu Melvi Amalia (Institut Agama Islam Negeri Kendari)
Balda Balda (Institut Agama Islam Negeri Kendari)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui keterampilan mengajar guru biologi. 2) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru biologi. 3) Untuk mengetahui dampak persepsi siswa terhadap hasil pembelajaran tentang keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliayah Darul Mukhlisin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin dari delapan keterampilan mengajar yang sering digunakan hanya empat yaitu, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, dan keterampilan mengelola kelas. 2)Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin menunjukkan terdapatenam keterampilan yang masuk dalam kategori baik seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengelola kelas sedangkan terdapat dua keterampilan yang kurang baik seperti keterampilan memberikan penguatan dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. 3) Dampak persepsi siswa terhadap hasil pembelajaran tentang keterampilan mengajar guru biologi di Madrasah Aliyah Darul Mukhlisin yaitu memiliki dampak pada hasil belajar siswa yang dapat ditunjukkan dari hasil nilai ulangan bahwa terdapat 19 siswa nilai ulangan rendah dari 59 siswa. Bisa dikatakan bahwa perlunya seorang guru menerapkan beberapa keterampilan mengajar agar mempermudah siswa untuk memahami materi yang dibawakan oleh guru dan perlu mendengarkan persepsi siswa agar mengetahui seberapa paham siswa tentang materi yang diajarkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biokatalis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Environmental Science Other

Description

BIOKATALIS: Jurnal Ilmu Biologi dan Ilmu Pendidikan Biologi merupakan jurnal ilmiah pada bidang ilmu biologi dan pendidikan biologi. Jurnal ini menerima naskah dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris meliputi ilmu biologi (ekologi, zoologi, botani, mikrobiologi, genetika, bioteknologi, fisiologi, ...