Jurnal Pendidikan & Pengajaran
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023

Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Implementing Team Game Tournament (TGT) Pada Materi Matematika Sosial Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Yapis Timika Papua.

Subhanudin (STKIP Hermon Timika)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII SMP Yapis Timika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Seluruh populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Yapis Timika tahun pelajaran 2021/2022. Unit eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas. Dengan menggunakan metode cluster random sampling, dipilih kelas VII.3 sebagai sampel penelitian dari seluruh kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif Team iGames Tournament (TGT) dengan pendekatan matematika realistik efektif meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Yapis Timika yang ditandai dengan: 1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Yapis Timika lebih dari 75, dan 2) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Yapis Timika sebesar 0,30.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUPE2

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood, primary, and secondary education Language Education Mathematics and science education Guidance and counseling education ...