cover
Contact Name
Muhammad Nashir
Contact Email
jupe2@stikesbanyuwangi.ac.id
Phone
+6285748015150
Journal Mail Official
jupe2@stikesbanyuwangi.ac.id
Editorial Address
Jl. Letkol Istiqlah No.109, Lingkungan Mojoroto R, Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68422
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan & Pengajaran
ISSN : 29859891     EISSN : 29856736     DOI : https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood, primary, and secondary education Language Education Mathematics and science education Guidance and counseling education Educational technology Character education Special needs education Global issues in education Technical and vocational education Language education Social science education Educational management Sport science and physical education Health Education Other areas in education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 60 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw disertai Media Power Point Tema Makanan Sehat Kelas V SDN 01 Pandean Wahyu Djamani; Endang Sri Maruti
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw disertai Media Power Point sebagai sarana dalam identifikasi pemahaman Tema makanan sehat pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN 01 Pandean kelas V dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan angket untuk mendapatkan data keterlaksanaan Model dan Media Pembelajaran. Hasil menunjukan, keterlaksanaan penerapan model dan media pembelajaran terlaksana dengan baik dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap akhir. Tahap pelaksanaan proses pembelajaran, guru secara profesional melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai waktu dan proses pembelajaran yang telah ditentukan.
Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Komprehensif Siti Nur Afifatul Hikmah
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.89

Abstract

Guru adalah ujung tombak sistem pendidikan. Secara umum, perhatian utama dan terkonsentrasi harus diberikan kepada guru. Oleh karena itu, tanpa dukungan guru yang profesional dan berkualitas, perbaikan apapun yang ditujukan untuk peningkatan mutu pendidikan tidak akan memberikan dampak yang berarti. Peneliti memfokuskan pada masalah pengembangan kemampuan profesional guru dalam administrasi pendidikan secara komprehensif dan produktivitas aktivitas guru dalam administrasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian fenomenologi. Peneliti menggunakan paradigma fenomenologis konstruktivis dan mempertimbangkan interpretasi berdasarkan latar belakang peneliti serta pengalaman pribadi, budaya dan sejarah. Observasi dan wawancara dengan beberapa guru digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan analisis data dengan meringkas data, (b) menampilkan data, dan (c) menarik kesimpulan dan memverifikasinya. Sebaliknya, bentuk pengembangan keterampilan profesional guru untuk manajemen pendidikan yang komprehensif didasarkan pada pelatihan, pembinaan, basis pengetahuan yang kuat dan penguasaan nasihat profesional. Selain itu, dalam manajemen pendidikan yang komprehensif, produktivitas kerja guru meliputi kemampuan intelektual, rasa percaya diri, semangat atau semangat, orientasi hasil, rasa percaya diri dan kemampuan intelektual.
Potret Kondisi Sekolah Daerah Terpencil di Dusun Bandealit Desa Andongrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Maria Ulfa
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.90

Abstract

Kondisi dari kualitas sumber daya manusia itu sendiri dicetak dari proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena kondisi pendidikan di daerah terpencil di Kabupaten Jember yang jauh dari sudut keramaian kota dan pemerintahan. Metode penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan mengumpulkan sumber data secara primer maupun sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kondisi pendidikan di daerah terpencil Dusun Bandealit memiliki akses pendidikan berupa aksesibilitas jalan yang sulit dilalui, sarana-prasarana pendidikan yang kurang lengkap dan ada juga mengalami kerusakan, serta bantuan pemerintah terkait beasiswa pendidikan tidak merata di wilayah ini. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan bisa segera mengentaskan problematika pendidikan di daerah terpencil ini untuk mengatasi putus sekolah dan memperbaiki mutu pendidikan hingga akhirnya melahirkan generasi muda yang unggul.
Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Implementing Team Game Tournament (TGT) Pada Materi Matematika Sosial Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Yapis Timika Papua. Subhanudin
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.92

Abstract

Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT dengan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII SMP Yapis Timika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Seluruh populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Yapis Timika tahun pelajaran 2021/2022. Unit eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 6 kelas. Dengan menggunakan metode cluster random sampling, dipilih kelas VII.3 sebagai sampel penelitian dari seluruh kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif Team iGames Tournament (TGT) dengan pendekatan matematika realistik efektif meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Yapis Timika yang ditandai dengan: 1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Yapis Timika lebih dari 75, dan 2) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Yapis Timika sebesar 0,30.
The Effectiveness Of Ethnomathematics-Based Contextual Teaching And Learning (CTL) On The Mathematical Communication Skills Of Elementary School Students Hesti Yunitiara Rizqi; Anni Malihatul Hawa
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.94

Abstract

Students' mathematical communication skills are still low because students do not understand the initial concept. The application of ethnomathematics-based contextual teaching and learning (CTL) to obtain better mathematical communication skills. The purpose of this study was to determine the effectiveness of ethnomathematics-based CTL learning on students' mathematical communication skills. The research method uses quantitative research with a quasy experimental design consisting of 2 classes, namely fifth grade students at SDN 01 Ungaran. The instruments used are in the form of essay questions and observations adapted to indicators of mathematical communication ability. The results showed that the mathematical communication skills of students who were given ethnomathematics-based CTL learning were higher than students who were given mobile learning-based learning, students' mathematical communication abilities increased after being given ethnomathematics-based CTL learning, and there was a positive influence of ethnomathematics-based CTL learning on mathematical communication abilities student. So it was concluded that ethnomathematics-based CTL learning is effective when applied to elementary school students and can facilitate students and teachers in the learning process.
Pengukuran Keterbacaan Teks Materi Ajar pada Siswa Sekolah Menengah Atas Idham Idham; Endang Sri Maruti
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.95

Abstract

Tingkat keterbacaan sebuah wacana akan memberi dampak pada tingkat kemampuan membaca dan pemahaman terhadap bacaan. Rumusan masalah tulisan ini bagaimanakah tingkat keterbacaan “Kearifan Lokal yang Tersisa” karya Agus Suprijono berdasarkan formula Grafik Fry. Tujuan tulisan ini untuk megetahui tingkat keterbacaan wacana tersebut dengan formula Grafik Fry. Analisis data dalam tulisan ini dilakukan dengan Grafik Fry. Hasil perhtitungan wacana ini diperoleh 6,0 jumlah kalimat, dan diperoleh 156 jumlah suku kata. Dari hasil grafik fry tersebut wacana ini cocok untuk siswa SMA kelas 10, 11, dan siswa kelas 12
Hubungan Antara Kecepatan Dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Teknik Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa Kelas XI SMK Taruna Timika Habibi Sutirta
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.98

Abstract

Keterampilan dasar bermain sepak bola erat kaitannya dengan kemampuan mengkoordinasikan gerakan fisik dan taktik. Diantara sekian banyak teknik dasar dalam sepak bola, dribbling merupakan teknik dasar yang harus dikuasai karena merupakan teknik yang paling dominan dalam permainan. Unsur kebugaran jasmani yang berperan penting dalam lemparan bola adalah kecepatan dan kelincahan. Kecepatan dan kelincahan adalah elemen yang berperan penting dalam melakukan teknik dasar dribbling. Jika seorang ingin memiliki gerakan yang indah dan cepat dalam permainan sepakbola, ia harus melatih elemen kecepatan dan kelincahan. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak dari seluruh siswa kelas XI SMK Taruna Timika. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perhitungan korelasi parsial variabel kecepatan adalah 0,527 probabilitas 0,003 < 0,05. 2) Perhitungan korelasi parsial variabel kelincahan sebesar 0,814 probabilitas 0,005 < 0,05. 3) Perhitungan korelasi berganda sebesar 0,538 diuji signifikansinya dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 5,494 dengan probabilitas 0,001 < 0,05. Dari sini ditarik kesimpulan, terdapat korelasi yang signifikan antara kecepatan dan kelincahan terhadap keterampilan teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola siswa kelas XI SMK Taruna Timika.
Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 3 Sekolah Perkumpulan Mandiri Melalui Penggunaan Metode Plan, Do, Study, Act Fredericka Krisma Setyatami
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i1.100

Abstract

Keberhasilan siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah seringkali diukur melalui kemampuan menulis mereka. Pentingnya kemampuan menulis juga terlihat dari kenyataan saat ini ketika orang tua mendaftarkan anaknya masuk Sekolah Dasar (SD), maka salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pada saat seleksi penerimaan siswa baru adalah menulis. Melihat kenyataan tersebut, kemampuan menulis merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar saat ini. Sekolah Perkumpulan Mandiri berusaha untuk memampukan siswa-siswanya menjadi penulis yang terlatih sejak dini. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan menggunakan siklus PDSA (Plan, Do, Study, Act). Metode ini mengajarkan siswa untuk secara bertahap menjalani proses menulis dan memperbaiki tulisan. Melalui lembar observasi dan lembar kerja, semua kegiatan penelitian tercatat secara rinci. Tes awal dan tes akhir dilakukan untuk memperoleh data yang diperlukan guna mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pembelajaran dengan metode ini mampu meningkatkan keterampilan menulis pada siswa secara keseluruhan.
Implementasi Penjaminan Mutu Internal Di Madrasah Diniyah PP. Al-Hidayah Tanggulangin Sidoarjo Muh. Fiqih Shofiyul Am; Shidiq; Mardiyah
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v1i2.103

Abstract

Abstrak Pendidikan madrasah diniyah berkembang seiring dengan kebijakan pesantren untuk membuka diri tentang sistem Pendidikan formal yang sistematis dan terstruktur. Karena itu Pendidikan madrasah diniyah juga membutuhkan sistem penjaminan yang menjadi fokus usaha yang dilakukan oleh internal madrasah diniyah itu sendiri agar bisa lebih transormatif dan inklusif serta terbuka dengan perubahan minat masyarakat. Metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan model Field Research dengan wawancara dan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitianPenelitian ini berfokus kepada konsep sistem penjaminan mutu internal yang ditawarkan kepada satuan Pendidikan madrasah diniyah PP. Al-Hidayah sebagai upaya untuk implementasi SPMI di satuan Pendidikan terkait. Konsep yang ditawarkan oleh peneliti adalah delapan prinsip penjaminan mutu versi International Standart Organization (ISO) dan konsep kerangka kerja penjaminan mutu versi MPMBS milik Umaedi yang dilakukan dengan EDS (Evaluasi Diri Sekolah), yang menurut pandangan peneliti sangat bisa diimolementasikan di satuan Pendidikan madrasah diniyah PP. Al-Hidayah. Kata Kunci: Pesantren, Madrasah Diniyah, Penjaminan Mutu Abstract Madrasah diniyah education develops along with the pesantren policy to open up about a systematic and structured formal education system. Because of this, madrasah diniyah education also requires a guarantee system which is the focus of the efforts carried out by the internal madrasah itself so that it can be more transformative and inclusive and open with change in public interest. The method used is Qualitative with the Field Research model with interviews and direct observation of the research object. This research focuses on the concept of an internal quality assurance system offered to Madrasah Diniyah Education units. Al-Hidayah as an effort to implement SPMI in related education units. The concept offered by the researcher is the eight principles of quality assurance of the International Standard Organization (ISO) version and the concept of the quality assurance framework version of Umaedi's MPMBS carried out with EDS (School Self-Evaluation), which in the view of researchers can be implemented in the Madrasah Diniyah Education unit PP. Al-Hidayah Keywords: Pesantren, Madrasah Diniyah, Quality Assurance
Improving the Seventh-Grade Students’ Speaking Ability Through Fishbowl Game at SMP Muhammadiyah I Genteng Academic Year Noor Faridha; Yayah Ikhda Nevia
JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN (JUPE2) Vol. 2 No. 1 (2024): Januari 2024
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKes Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54832/jupe2.v2i1.127

Abstract

most important thing in therriculum. The result of learning English for junior high school is communication between oral and written. The limitation is the ability to understand sentences in English. Refers to the KTSP curriculum or the education unit-level curriculum. The emphasis in this curriculum is on speaking and writing skills. Ability here can be interpreted as a limitation of literacy function, namely that students are able to interpret and make texts in the form of procedure text, recount text, narrative text, and descriptive text. Procedure text is used to tell about making, or doing something. Often the students find it difficult to do that. The students find it difficult to learn and cannot express again, the teacher must find an easy and effective way, The problem in this research is "how to apply the Fishbowl game to improve speaking habits at SMP MUHAMMADIYAH I GENTENG in the 2019/2020 academic year. This Classroom Action Research has several stages: planning, implementing, observing, and reflecting. The result is that the minimum standard in cycle 1 is 57% and cycle 2 is 89%. It can be concluded that this method has reached the target of 75%. It can be concluded that the learning process has been fulfilled by using the fish bowl game method to improve speaking skills at SMP MUHAMMADIYAH I GENTENG for the 2019/2020 school year.