Jurnal Pendidikan & Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari 2024

Pentingnya Menggali Karakteristik dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional dan Akademik

Opi Andriani (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Fajar Alkhairi Ramadhan (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Fadhlan Ramadhan (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Putri Wulandari (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang menyandang disabilitas atau cacat fisik, mental, intelektual, sosial atau emosi, seperti: anak autis atau keterbelakangan mental, tunarungu, anak kesulitan belajar, dan gangguan konsentrasi pada anak serta anak berbakat yang dapat menimbulkan dampak yang sangat berarti terhadap proses tumbuh kembangnya dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dimana penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya mengenal ciri-ciri dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus secara mental, emosional dan akademis. Dalam berbagai aspek seperti dalam bidang akademik mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, dalam bidang sosial anak mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan dalam bidang emosi anak dapat menyalurkan emosinya pada hal-hal yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi oleh orang tua sendiri, seperti kurangnya pengetahuan tentang ciri-ciri dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus secara mental, emosional dan akademis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUPE2

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood, primary, and secondary education Language Education Mathematics and science education Guidance and counseling education ...