Jurnal Pendidikan & Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2024): Januari 2024

Landasan Filosofis Dalam Optimalisasi Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi

Opi Andriani (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Putri Eka Pangestu (Universitas Muhammadya Muara Bungo)
Desi Fita Noviyanti (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Silvira Julianti (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Pendidikan inklusi adalah sistem layanan Pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah-sekolah tedekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya. Pendidikan inklusi ini sejalan dengan UUD 1945 Pasal 31 tentang hak setiap warga negara untuk memperoleh Pendidikan dan pasal 32 UU SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasonal yang mengatur mengenai pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus sedang pemerataan kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus ditandai pernyataan Salamanca tahun 1994 yang merupakan perluasan tujuan Education For All (EFA).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUPE2

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood, primary, and secondary education Language Education Mathematics and science education Guidance and counseling education ...