Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education (AJMIE)
Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember

Pemikiran Pendidikan Islam Al-Kindi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer

Dila Pelina Putri (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi pemikiran Al-Kindi yang berkaitan dengan pendidikan Islam, dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif berbasis studi pustaka. Sumber data primernya adalah buku karya George N. Atiyeh yang berjudul Al-Kindi: The Philosopher of the Arabs yang sudah diterjemahkan oleh Kasidjo Djojosuwarno. Temuan artikel adalah: Pertama, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat ketuhanan, berimplikasi pada asas pertama rumusan kurikulum pendidikan Islam kontemporer adalah asas ketuhanan. Kedua, Pemikiran Al-Kindi tentang relasi filsafat dan agama, berimplikasi pada model pendidikan Islam kontemporer yang berparadigma integrasi-interkoneksi sains dan agama. Ketiga, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat manusia, berimplikasi pada upaya penciptaan umat muslim yang mampu mengaktualisasikan potensi pikirnya dan mampu merealisasikan akalnya dalam perbuatan nyata, bukan hanya pandai dalam teori.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ajmie

Publisher

Subject

Education

Description

Tafsir Tarbawi, Hadith Tarbawi, Studies of Islamic Education, Studies of Sufism, Science of Islamic Education, Philosophy of Islamic Education, Management of Islamic Education, Evaluation of Islamic Education, Curriculum Development of Islamic Education, Learning and Teaching Strategies, Modern ...