Artikel ini mengulas problematika manajemen yang sering terjadi pada lembaga pendidikan Islam, berdasarkan metode studi pustaka. Temuan artikel menunjukkan bahwa problem manajemen yang dihadapi lembaga pendidikan Islam terbagi menjadi dua kategori, yaitu problem klasik dan kontemporer. Artikel ini mengulas empat contoh problematika manajemen pendidikan Islam, yaitu problem manajemen kepemimpinan, stakeholder, pembelajaran dan problem manajemen kontemporer. Sedangkan alternatif solusi yang ditawarkan adalah: Pertama, mengubah manajemen kepemimpinan yang bersifat al-zhulumat, menjadi manajemen kepemimpinan yang bersifat al-nur, melalui penerapan gaya kepemimpinan resonan dan transformasional. Kedua, menjalin pertemuan kelompok, individu dan publikasi lembaga secara intensif, agar hubungan lembaga pendidikan Islam dengan stakeholder semakin harmonis. Ketiga, menggiatkan berbagai pelatihan dan workshop, seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk meningkatkan kualitas guru yang bertanggung-jawab dalam manajemen pembelajaran. Keempat, memadukan tujuan pragmatis dan idealis, agar lembaga pendidikan Islam semakin diminati oleh masyarakat, namun tidak mengabaikan substansi dan esensi ajaran Islam.
Copyrights © 2023