Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education (AJMIE)
Vol. 4 No. 2 (2023): Juli-Desember

Analisis Strategi Pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MIT Ar-Roihan Lawang Malang

Abd. Azis Tata Pangarsa (STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang)
Hanis Ratnasari (STAI Ma'
had Aly Al-Hikam Malang)

Imam Sabaroddin (STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam konteks implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Ar-Roihan yang berlokasi di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, jenis deskriptif dan penelitan lapangan (field research). Ada tiga temuan artikel. Pertama, strategi pembelajaran PAI di MIT Ar-Roihan sudah memenuhi standar implementasi Kurikulum 2013, sebagaimana tercermin pada beberapa indikator, seperti kelengkapan perangkat pembelajaran dan penerapan pendekatan, strategi dan model pembelajaran khas Kurikulum 2013. Kedua, Kelebihan penerapan strategi pembelajaran PAI di MIT Ar-Roihan, sesuai standar implementasi Kurikulum 2013, seperti guru yang lebih kreatif, pembelajaran yang lebih aktif, dan peserta didik yang menguasai kompetensi afektif, kognitif dan psikomotorik, berdasarkan penilaian autentik. Ketiga, kendala yang dialami MIT Ar-Roihan dalam implementasi Kurikulum 2013, terkait kurangnya media pembelajaran dan sarana-prasarana yang relevan, konten materi yang terlalu berat bagi siswa, sistem penilaian yang rumit bagi guru.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ajmie

Publisher

Subject

Education

Description

Tafsir Tarbawi, Hadith Tarbawi, Studies of Islamic Education, Studies of Sufism, Science of Islamic Education, Philosophy of Islamic Education, Management of Islamic Education, Evaluation of Islamic Education, Curriculum Development of Islamic Education, Learning and Teaching Strategies, Modern ...