Journal Of Indonesian Social Society
Vol. 2 No. 1 (2024): JISS - Februari

Pemanfaatan Artificial intelligence dalam Pembuatan Presentasi bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran

Dewi Maharani (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Dewi Anggraeni (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Rika Nofitri (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Pengabdian Masyarakat berjudul "Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembuatan SlidePresentasi bagi Guru-Guru” ini merupakan upaya mendukung inovasi dalam dunia pendidikankhususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di SekolahBrainfor Islamic School Kisaran. Permasalahan yang dihadapi guru-guru pada tingkat ini adalahkendala dalam menyusun materi presentasi yang cepat, serta menarik perhatian orangtua siswamaupun siswanya dan mampu efektif dalam menyampaikan informasi. Dalam menyikapipermasalahan ini, kami mengusulkan solusi melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) denganfokus pada penggunaan ChatGPT yang dapat memberikan panduan desain, layout, dan kontenpresentasi secara otomatis, sesuai dengan tujuan yang ingin di sampaikan Narasumber atau Guru.Penggunaan ChatGPT ini bertujuan membantu guru-guru Brainfor dalam menyusun slidepresentasi yang sesuai alur ataupun prosedur serta relevan dengan kurikulum yang berlaku.ChatGPT ini akan dapat diakses melalui platform online atau aplikasi, memudahkan akses danpenggunaan oleh para guru. Dalam upaya mendukung pemahaman dan penerapan teknologi ini,proposal ini juga mencakup pelatihan intensif bagi guru-guru mengenai penggunaan alat AIdalam menyusun materi presentasi yang berkualitas.Selain itu, sebagai langkah inovatif tambahan, narasumber melibatkan penggunaan platformdesain grafis Canva dalam pembuatan slide presentasi. Canva adalah alat yang user-friendly danpopuler dalam pembuatan desain grafis, termasuk pembuatan slide presentasi. Para guru akandiajarkan cara mengintegrasikan output dari Chat GPT yang dikembangkan dengan Canva,sehingga para guru-guru dapat menghasilkan presentasi yang lebih kreatif dan sesuai dengangaya masing-masing. Langkah ini diambil untuk memberikan variasi dan fleksibilitas lebihkepada guru dalam menciptakan materi yang menarik perhatian siswa atau objek lainnya.Rencana kegiatan diawali dengan identifikasi kebutuhan guru-guru melalui survei dan dialoguntuk memastikan bahwa AI yang digunakan dapat menjawab kebutuhan yang sebenarnya.Setelah itu, dilanjutkan dengan penggunaan Canva dalam desain grafis. Pelatihan ini tidak hanyamencakup aspek teknis, tetapi juga penerapan praktis dalam kegiatan pengetahuan danpembelajaran sehari-hari.Setelah fase pelatihan, guru-guru akan diberikan kesempatan untuk mengimplementasikanpengetahuan yang diperoleh mereka dalam pembelajaran di kelas. Selama periode ini, merekajuga akan mendapatkan dukungan dan pemantauan penggunaan ChatGPT AI dan Canva untukmemberikan dampak positif atau hasil pembelajaran.Dengan menyatukan kecerdasan buatan, platform desain grafis, dan pelatihan guru, proyek inibertujuan menciptakan solusi holistik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat SDdan PAUD. Melalui pendekatan ini, diharapkan para guru dapat dengan lebih kreatif dan efektifmenyampaikan materi kepada siswa, maupun objek lainnya serta menghasilkan dampak positifpada proses pembelajaran dan pemahaman mereka. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiss

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal Of Indonesian Social Society (JISS) Adalah jurnal yang memuat hasil Pengabdian atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok individu untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) yang dapat ...