Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah
Vol 9, No 1 (2024): JENDELA PLS

PERAN TAMAN BACA PELOSOK BUMI DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN LITERASI DASAR PADA ANAK-ANAK DI DUSUN CILELE

Raissa Ageng Sasikirana (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dayat Hidayat (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Tika Santika (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Taman Baca Pelosok Bumi dalam meningkatkan kecakapan literasi dasar pada anak-anak di dusun cilele kabupaten karawang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi data primer melalui observasi dan wawancara kepada relawan, warga belajar dan orangtua warga belajar dan data sekunder yang diperoleh  dari  buku,  catatan,  atau  arsip  yang  berhubungan  dengan  penelitian  ini. Penelitian menunjukan hasil bahwa taman baca pelosok bumi berperan dalam meningkatkan kecakapan literasi dasar pada anak-anak. Terdapat faktor pendukung seperti dukungan keluarga dan peran tutor atau relawan, serta terdapat faktor penghambat yaiitu kemampuan anak, media pembelajaran dan waktu belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Jendela PLS meliputi : Pengembangan sosial dan pembangunan masyarakat pendidikan orang dewasa dan andragogi pendidikan keluarga, gender dan anak usia dini pendidikan kecakapan hidup pemberdayaan masyarakat model, strategi dan metode pelatihan dan kursus model, strategi dan ...