JUMPA : Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 2, No 2 (2021)

Peran Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial Guru

Tariman Tariman (Program Pascasarjana Universitas Nurul Jadid)
Ika Maziyah (Program Pascasarjana Universitas Nurul Jadid)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

, Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, kompetensi sosial guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Upaya untuk meningkatkan kompetensi social guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, sebagai: educator, manajer, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan. Permasalahan yang menjadi pokok pembahasaan dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi social guru. Pembahasan penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), data diperoleh dengan teknik: observasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan bagi kepala sekolah terhadap usaha dan upaya dalam meningkatkan kompetensi social guru di sekolah, bagimana mana mengatasi kendala yang paling mendasar yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi social guru. Dari hasil penelitian bahwa usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi social guru di sekolah dilakukan dengan cara 1). membuat pertemuan, memberikan motivasi serta mengikutsertakan para guru dalam Diklat. 2). Memberikan pengalaman baru seperti makan bersama, mengajak liburan, berziyaroh ketempat para wali – wali Allah, Hal ini terlihat dari hasi pentingnya pengaruh penilaian dan bentuk social dari kepala sekolah terhadap guru, guru harus selalu dimotivasi oleh kepala sekolah agar selalu meningkatkan kompetensinya sebagai guru.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jumpa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jumpa: Jurnal Manajemen Pendidikan is an international journal that serves as a forum for scholarly discussion and reporting of developments in all aspects of educational management. The journal seeks reflective papers that link pedagogy with educational management theory; descriptions of innovative ...