Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 1 (2024): Edisi Januari - April 2024

MENGUKUR CUSTOMER SATISFACTION PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PEMERINTAH

Hamid, Nisrina (Unknown)
Maksar, Muhammad Sofian (Unknown)
Makmur, Muhammad Rizaldi (Unknown)
Thahir, An Najjar M (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Kesehatan adalah hak dasar setiap orang dan telah dijamin dalam UUD dan setiap orang berhak mengakses dan mendapatkan pelayanan kesehatan terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu tanpa terkecuali peserta BPJS Kesehatan sehingga penyedia layanan jasa kesehatan salah satunya RSUD Kota Kendari harus meningkatkan infrastruktur fisik yakni fasilitas dan non fisik yakni kualitas layanan dan consumer perceived value dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen (customer satisfaction). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, fasilitas dan consumer perceived value guna mengukur customer satisfaction. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 170 responden dan untuk mengetahui pengaruah antar variabel menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas tersebut memiliki arah hubungan positif dengan consumer satisfaction dan berpengaruh positif dan signifikan yang berarti semakin baik kualitas layanan, fasilitas dan consumer perceived value di RSUD Kota Kendari, maka customer satisfaction semakin meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...