Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 1 (2023)

Peningkatan Kemampuan Mengajar Sekolah Minggu di GPKB Lumban Tongatonga Ressort Aek Mabar Distrik V Humbang Kec. Siborongborong Kab. Tapanuli Utara

Warseto Freddy Sihombing (Program Studi Teologi, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia, 22411)
Maria Widiastuti (Program Studi Teologi, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia, 22411)
Liyus Waruwu (Program Studi Teologi, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia, 22411)
Bernard Lubis (Program Studi Teologi, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia, 22411)
Tiffany Tamba (Program Studi Teologi, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara, Indonesia, 22411)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Background: Kurangnya pembekalan dan pelatihan guru sekolah minggu menjadikan guru melakukan pengajaran sesuai dengan kemampuannya bahkan cenderung hanya bernyanyi dan membacakan Alkitab. Berkaitan dengan hal tersebut Prodi Teologi Fakultas Ilmu Teologi IAKN Tarutung melakukan pengabdian kepada masyarakat di GPKB dengan mengadakan pelatihan guna meningkatan kemampuan mengajar bagi guru sekolah minggu. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, perencanaan pelatihan, dan tindakan pelatihan. Kegiatan dengan empat sesi pelatihan ini diikuti oleh guru sekolah minggu GPKB Lumban Tongatonga Ressort Aek Mabar Distrik V Humbang Kec. Siborongborong Kab. Tapanuli Utara. Hasil: para guru sekolah minggu memperoleh pengetahuan yang bermanfaat untuk digunakan dalam mengajar anak sekolah minggu. Selanjutnya para guru sekolah minggu telah paham pentingnya memperhatikan posisi anak di mata Tuhan dan kepribadian selaku gembala anak. Para guru sekolah minggu juga memperoleh pengetahuan dalam mengemas cerita Alkitab yang kreatif dan ayat hafalan untuk anak sekolah minggu. Kesimpulan: Pelatihan ini terbukti dan berpengaruh langsung kepada kualitas sumber daya manusia Guru Sekolah Minggu di GPKB GPKB Lumban Tongatonga Ressort Aek Mabar District V Humbang Kec. Siborongborong Kab. North Tapanuli.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...