Cakrawala: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Susi Susanti (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)
Fiki Dzakiyyatul Aula (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)
Vivin Irawati (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Dalam pembelajaran, pengembangan potensi pendidikan siswa harus dilakukan secara menyeluruh dan terpadu. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran guru memerlukan model pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatakan keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran di kelas IV dengan model problem based learning terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran PBL pada pembelajaran telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, terlihat pada aktivitas belajar siswa sebesar 75,6% meningkat menjadi 81,8% diperoleh data keaktifan belajar siswa secara klasikal sebesar 78,7%. Peningkatan aktivitas siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadi’in Mudung 73,5% menjadi 85,3% dengan perolehan data klasikal sebesar 79,4% dari data tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa madrasah ibtidaiyah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian pada semua aspek pendidikan jenjang sekolah dasar. Jurnal ini dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten yang tersedia pada jurnal ini diperbolehkan untuk dibaca, ...