Cakrawala: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Cakrawala : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Implementasi Penggunaan Media Berbasis Video Untuk Melatihkan Critical Thinking Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Miftakhur Rizki (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)
Susi Susanti (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)
Siti Nurlela (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan critical thinking pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Design dari penelitian ini adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Hasil aktivitas siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media video dalam melatihkan critical thinking menunjukkan bahwa pengguaan media pembelajaran video dapat menciptakan pembelajaran yang mendorong siswa dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Hasil aktivitas guru menunjukkan data guru terlibat aktif dalam menciptakan pembelajaran yang menarik siswa. Dan hasil tes critical thinkingmenunjukkan bahwa perolehan nilai dengan rata rata pada pretest adalah 72 meningkat menjadi 82,4 pada posttest. Nilai median pada pretest 73 meningkat menjadi 84 pada posttest. Nilai modus pada pretest sebesar 60 meningkat menjadi 73 dan 86 pada posttest. Nilai tertinggi pada pretest sebesar 90 meningkat 95 dengan nilai terendah pada pretest 60 meningkat menjadi 72 pada posttest. Sedangkan untuk hasil respons siswa menunjukkan data yang berkategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian pada semua aspek pendidikan jenjang sekolah dasar. Jurnal ini dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten yang tersedia pada jurnal ini diperbolehkan untuk dibaca, ...