Cakrawala: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Cakrawala: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN MAHASISWA PGMI PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING

Susi Susanti (STIT Muhammadiyah Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Micro Teaching merupakan suatu pelatihan mengajar secara terbatas bagi calon guru agar menguasai keterampilan mengajar yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan mengajar pada mahasiswa PGMI STIT Muhammadiyah Bojonegoro pada mata kuliah Micro Teaching. Hasil analisa diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi dosen yang mempersiapkan mahasiswa menjadi guru di Madrasah Ibtidaiyah dan bagi mahasiswa calon guru Madrasah Ibtidaiyah untuk meningkatkan kopetensi yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen rubrik penilaian praktik pembelajaran dan lembar observasi dosen. Perhitungan kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase total perolehan skor dari setiap kriteria rubrik penilaian praktik pembelajaran, kemudian dikonversi ke dalam data kualitatif melalui tabel persentase rentang skor penilaian. Peneliti memperoleh hasil bahwa kegiatan praktik pembelajaran yang dilaksanakan oleh mahasiswa PGMI angkatan 2020 sudah baik dengan rerata presentase keterampilan dasar mengajar 77,82% yang terdiri dari keterampilan membuka pembelajaran 80% (baik), Keterampilan menjelaskan 79% (baik), keterampilan mengadakan variasi sebesar 82,48% (baik), keterampilan memberikan penguatan sebesar 77,85% (baik), keterampilan bertanya 77% (baik), Keterampilan mengelola kelas 76,02% (baik), keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan 80% (baik), keterampilan membimbing diskusi 75,00% (cukup baik) dan ketrampilan penutup 73% (cukup baik). Berdasarkan persentase dari setiap keterampilan dasar mengajar dalam praktik pembelajaran pada mata kuliah micro teaching, dapat diketahui bahwa keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah keterampilan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan menutup pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal CAKRAWALA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian pada semua aspek pendidikan jenjang sekolah dasar. Jurnal ini dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten yang tersedia pada jurnal ini diperbolehkan untuk dibaca, ...