Jurnal Keadaban: Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4, No 2 (2023)

STRATEGI PEMASARAN PENTOL GEPEK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA AMBUNTEN TENGAH, KECAMATAN AMBUNTEN, KABUPATEN SUMENEP

Ahmad Majdi Tsabit (Institut Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep)
Chasnul Khatim (Institut Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep)
Fawaid Bakir (Institut Keislaman Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan survei di lapangan mengenai masalah yang dihadapi pengusaha pentol gepek yang ada di Desa Ambunten Tengah terkait dengan kurangnya SDM dan kreativitas dalam memasarkan produk maka perencanaan pemasaran yang tepat sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan di masa yang akan datang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “ Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Produsen pentol Gepek Desa Desa Ambunten Tengah Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep ".Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus di Dusun Lebak Desa Ambunten Tengah, Kec. Ambunten. Penentuan responden (sampel) pada penelitian menggunakan dua cara yaitu sensus dan purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis manejemen pemasaran dan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pengusaha pentol gepek desa Ambunten Tengah dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat.Ada tiga pelaku usaha yang cukup besar yang menjadi sentra produksi pentol gepek di Ambunten Tengah yaitu, P. Muzanni. P. Sadnan dan Ibu Amsiyah. Berdasarkan hasil pengamatan, produsen mengidentifikasi peluang di pasar, kemudian memutuskan segmen yang tepat untuk target pemasaran. Marketing mix dalam strategi pemasaran produk pentol gepek meliputi Strategi produk, Strategi harga, Strategi promosi. Analisis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh produsen dalam menentukkan strategi pemasaran.Pentol gepek merupakan kuliner khas kecamatan Ambunten. Pentol ini berbahan baku ikan, bawang merah, bawang putih dan tepung tapioka yang sudah dicampur rata. Harga pentol gepek perbijinya adalah Rp. 500 dengan 3 macam varian yaitu, pentol bulat, pentol tahu dan pentol gepek kering.Strategi pemasaran produk pentol gepek mencakup 4 hal yaitu, Segmentasi Pasar, Target Pemasaran, Positioning dan Marketing Mix.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

keadaban

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Keadaban Jurnal Sosial dan Humaniora aims to develop itself as a pioneer journal in social sciences and humanities. Areas relevant to the scope of the journal include social and humanities, education, law and economics in general published by the Faculty of Social and Humanities, University of Nurul ...