Dharma Pendidikan
Vol 15 No 1 (2020): Dharma Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Tema 6 Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020

Supiyah Supiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Kurangnya minat siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberurip terhadap pembelajaran Tematik tema 6, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, Model pembelajaran Eksperimen jarang digunakan dalam pembelajaran Tematik Tema 6 kelas V SDN 3 Sumberurip. Permasalahan ini menunjukkan perlunya dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dari yang membosankan menjadi menyenangkan bisa dilakukan dengan menggunakan model, pendekatan atau model pembelajaran yang memungkinkan siswa lebih aktif. Ada beberapa model yang dapat digunakan dalam pembelajaran Tematik, salah satunya adalah Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Tema 6 dengan menerapkan model pembelajaran eksperimen pada siswa Kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun setting penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri 3 Sumberurip Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan waktu penelitian tanggal 9 Januari 2020 (Siklus I) dan tanggal 14 Januari 2020 (Siklus II), dan kesimpulan penelitian yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa tema 6 yaitu panas dan perpindahannya pada kelas V SD Negeri 3 Sumberurip mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik sebelum tindakan memiliki presentase rata-rata 50,00%, pada tindakan siklus I meningkat menjadi 60,42%, dan pada tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 83,33%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...