Journal of Agricultural Social and Business
Vol 2, No 2 (2023): Agrisociabus

Analisis Efisiensi Pemasaran Kripik Belut pada UMKM Citra Rasa di Desa Margoluwih Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman

Isa Setyawan (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Indah Widowati (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk, 1. Menganalisis margin pemasaran masing-masing saluran pemasaran kripik belut pada UMKM Citra Rasa; 2. Menganalisis efisiensi pemasaran kripik belut Citra Rasa pada masing-masing saluran pemasaran yang ada. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode survey. Metode penentuan lokasi adalah dengan metode study kasus. Metode pengambilan sampel produsen menggunakan metode purposive sampling. Sampel pedagang perantara dan konsumen ditentukan dengan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, data primer dan data sekunder. Hasil penelitian pada saluran pemasaran pendek, diperoleh margin sebesar Rp 17.750/kg. Saluran pemasaran panjang, margin pedagang pengumpul sebesar Rp 12.000, dan pedagang pengecer diperoleh margin sebesar Rp 10.000/kg. Saluran pemasaran pendek yang paling efisien dengan nilai efisiensi 13,68%. Kata Kunci: Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Kripik Belut 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...