cover
Contact Name
Liana Fatma Leslie Pratiwi
Contact Email
adminagrisociabus@upnyk.ac.id
Phone
+6282137758214
Journal Mail Official
adminagrisociabus@upnyk.ac.id
Editorial Address
Jl. Padjajaran 104 (Lingkar Utara), Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Agricultural Social and Business
ISSN : -     EISSN : 29634407     DOI : https://doi.org/10.31315/asb
Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian Pemasaran Pertanian Value Chain Agribisnis Supply Chain Agribisnis Komunikasi Pertanian Sosiologi Pertanian Kewirausahan Topik terkait berkaitan dengan sosial ekonomi dan agribisnis
Articles 66 Documents
Analisis Kontribusi Sektor Pertanian Kehutanan dan Perikanan dalam Perekonomian Wilayah di Kabupaten Bantul Muhammad Naufal Fathony Wahyujati; Budi Widayanto; Nanik Dara Senjawati
Agrisociabus Vol 2, No 1 (2023): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v2i1.8518

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kontribusi subsektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pada perekonomian di Kabupaten Bantul, 2) Menganalisis transformasi struktur ekonomi sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Bantul 3) Menganalisis dinamika PDRB dan sumbangan tenaga kerja di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul, dan 4) Mengidentifikasi persebaran subsektor kontributif di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Bantul dengan pendekatan spasial berbasis GIS (Geographic Information System). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengambilan data pada penelitian adalah studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan berkontribusi tinggi sebesar 11,36 persen terhadap PDRB Kabupaten Bantul melebihi rata-rata 17 sektor perekonomian sebesar 5,88 persen dan menduduki peringkat ketiga pada tahun 2017-2021, 2) Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan merupakan sektor dengan pertumbuhan yang cepat, 3) Berdasarkan kategori enders sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan termasuk kategori 3 atau sektor yang agak lemah pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul menurut PDRB dan termasuk kategori 5 atau merupakan sektor yang kuat pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul menurut tenaga kerja, 4) Berdasarkan luas panen daerah yang memiliki luas panen terbesar pada subsektor tanaman pangan adalah Kecamatan Dlingo, Jetis, dan Piyungan; subsektor tanaman hortikultura adalah Kecamatan Sedayu, Pandak, dan Kretek; populasi terbesar pada subsektor peternakan yaitu Kecamatan Pajangan, Sanden, dan Sedayu.Kata Kunci : Kontribusi, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, PDRB, tenaga kerja, SIG.
Analisis Komoditas Perkebunan Unggulan di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Dhea Yunita Anggraeni; Dwi Aulia Puspitaningrum; Ni Made Suyastiri
Agrisociabus Vol 1, No 1 (2022): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v1i1.7672

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis masing-masing komoditas perkebunan yang mempunyai pertumbuhan cepat dan daya saing disubsektor perkebunan serta menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Purworejo sehingga memiliki prospek untuk dikembangkan; 2) menganalisis lokasi komoditas perkebunan yang menjadi unggulan di Kabupaten Purworejo. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian adalah survei. Metode pengambilan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Data yang digunakan adalah data sekunder, data yang diperlukan adalah data citra satelit wilayah Kabupaten Purworejo, data produksi dan nilai produksi komoditas perkebunan dari tahun 2014-2018. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis analisis Shift share dengan komponen pertumbuhan proporsional dan komponen pertumbuhan pangsa wilayah, dan Sistem Informasi Geografis (SIG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Komoditas perkebunan yang mempunyai pertumbuhan cepat dan berdaya saing sehingga memiliki prospek untuk dikembangkan di Kabupaten Purworejo diantaranya cengkeh, kopi robusta, jambu mete, dan kapuk randu 2) Komoditas perkebunan yang menjadi unggulan di Kabupaten Purworejo terdapat di Kecamatan Ngombol, Kecamatan Bener, Kecamatan Bruno, Kecamatan Kaligesing, Kecamatan Pituruh, Kecamatan Kemiri dan Kecamatan Gebang.Kata kunci: berdaya saing, komoditas perkebunan, pertumbuhan, unggulan
Analisis Efisiensi Pemasaran Kripik Belut pada UMKM Citra Rasa di Desa Margoluwih Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman Isa Setyawan; Indah Widowati
Agrisociabus Vol 2, No 2 (2023): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v2i2.10392

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk, 1. Menganalisis margin pemasaran masing-masing saluran pemasaran kripik belut pada UMKM Citra Rasa; 2. Menganalisis efisiensi pemasaran kripik belut Citra Rasa pada masing-masing saluran pemasaran yang ada. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode survey. Metode penentuan lokasi adalah dengan metode study kasus. Metode pengambilan sampel produsen menggunakan metode purposive sampling. Sampel pedagang perantara dan konsumen ditentukan dengan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara, kuesioner, data primer dan data sekunder. Hasil penelitian pada saluran pemasaran pendek, diperoleh margin sebesar Rp 17.750/kg. Saluran pemasaran panjang, margin pedagang pengumpul sebesar Rp 12.000, dan pedagang pengecer diperoleh margin sebesar Rp 10.000/kg. Saluran pemasaran pendek yang paling efisien dengan nilai efisiensi 13,68%. Kata Kunci: Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Kripik Belut 
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kemudahan, Emosional, dan Harga terhadap Loyal-itas Konsumen di Fruktosa Juice Bar Kapanewon Depok Kabupaten Sleman Salsabila Agatha; Indah Widowati; Budiarto Budiarto
Agrisociabus Vol 1, No 2 (2022): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v1i2.7802

Abstract

The research conducted at Fruktosa Juice Bar aims to (1) describe product quality, service quality, ease, emotional, price, consumer loyalty, and consumer satisfaction at Fruktosa Juice Bar (2) analyze the direct and indirect effect of product quality, service quality, ease, emotional, and price on consumer loyalty at Fruktosa Juice Bar. The method used in this study is a quantitative research method with a case study approach. The method of taking respondents used a nonprobability sampling method with an accidental sampling technique. This study consisted of seven variables with the number of respondents in this study being 70. The data sources used are primary data and secondary data. The tools used for data collection use questionnaires, interviews, and documentation. Data analysis techniques with descriptive analysis and path analysis. The results of this study are (1) Product quality, service quality, and consumer satisfaction have a very high effect at Fruktosa Juice Bar. Meanwhile, the variables of ease, emotional, price, and consumen loyalty have a high effect at Fruktosa Juice Bar (2) Product quality, service quality, ease, emotional, and price have a direct effect on consumer loyalty and indirectly effect on consumer loyalty through the consumer satisfaction variable at the Fruktosa Juice Bar.
Analisis Faktor Pengaruh Produksi Terhadap Produksi Daun Teh, Trend dan Diagram Sebab-Akibat di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Semugih Pemalang Jawa Tengah Yola Rahma Subagya; Agus Santosa; Ni Made Suyastiri YP
Agrisociabus Vol 2, No 1 (2023): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v2i1.8092

Abstract

Tujuan dari penelitian  untuk (1) Menganalisis pengaruh luas areal panen, tenaga kerja, curah hujan dan penggunaan pupuk bayfolan terhadap  produksi daun teh di PTPN IX, Kebun Semugih, Pemalang, Jawa Tengah. (2) Mengetahui  Trend produksi daun teh di PTPN IX untuk 6 Bulan yang akan datang (3) Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya produksi daun teh di PTPN IX. Metode dasar yang akan digunakan dalam penelitian ini  mengggunakan metode deskriptif. Metode pelaksanaan menggunakan metode survei. Metode pengambilan responden menggunakan metode Sampling purposive,dalam penelitian ini jumlah responden yang diambil adalah 3 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan pencatatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis fungsi produksi Cobb Douglas, metode Trend dan analisis Fishbone. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) Faktor-faktor produksi yang terdiri dari luas areal panen, tenaga kerja, pupuk bayfolan, dan curah hujan berpengaruh terhadap produksi daun teh di PTPN IX. (2)Trend produksi daun teh di PTPN IX, selama enam Bulan yaitu Bulan Juli 2022 sampai dengan Bulan Desember 2022 mengalami kenaikan. (3)Faktor-faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya produksi daun teh di PTPN IX adalah faktor lingkungan, metode kerja dan tenaga kerja. Kata kunci : Faktor Produksi, Produksi Daun Teh, Trend Produksi Daun Teh.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG FLORY Wiwik Meilani; Budi Widayanto; Heni Handri Utami
Agrisociabus Vol 1, No 2 (2022): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v1i2.7857

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1). Mengkaji pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa untuk pengembangan Desa Wisata Kampung Flory, 2). Mengkaji pengelolaan kegiatan pengembangan Desa Wisata Kampung Flory, dan 3). Mengkaji proses pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Kampung Flory. Metode penelitian dengan pendekatan pendekatan dan jenis penelitian adalah studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu Ketua dan Sekretaris Kelompok Taruna Tani sebagai informan kunci, informan utama yaitu masyarakat yang terlibat dalam program, dan informan pendukung yaitu masyarakat yang menjadi pelaku usaha. Data keabsahan yang diperoleh diuji menggunakan teknik triangulasi sumber data dengan teknik analisis data menggunakan data pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kelompok Taruna Tani Flory sebagai fasilitator memberikan pemahaman pada masyarakat untuk melakukan pengembangan dan kesejahteraan kehidupan. Adanya pemahaman oleh Taruna Tani kepada masyarakat ini menjadikan masyarakat paham bahwa terdapat potensi yang dapat dikembangkan di desa mereka, sehingga masyarakat mau berpartisipasi dalam program Pengembangan Desa Wisata Kampung Flory, 2). pengelolaan Program Pengembangan Desa Wisata Flory terdiri dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, dan 3). pemberdayaan masyarakat di Kampung Flory masih dalam tahap pengkapasitasan, hal ini karena masih adanya keterlibatan dari Kelompok Taruna Tani sebagai fasilitator program. Masyarakat masih memiliki bantuan kepada fasilitator dalam melakukan pengelolaan Kata Kunci : Pemahaman, Pengelolaan, Pemberdayaan , Program Pengembangan 
Strategi Pengembangan Produk Pada UMKM Keripik Belut Susanti di Klangkapan II Margoluwih Seyegan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Tamara Alya Dewina; Nanik Dara Senjawati
Agrisociabus Vol 3, No 1 (2024): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v3i1.12122

Abstract

UMKM Keripik Belut Susanti merupakan sebuah usaha yang memproduksi dan memasarkan keripik belut. Tujuan dari studi ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi pengembangan produk pada UMKM Keripik Belut Susanti (2) Menganalisis strategi alternatif untuk mengembangkan UMKM Keripik Belut Susanti berdasarkan metode analisis IE dan SWOT (3) Menganalisis strategi terbaik untuk mengembangkan UMKM Keripik Belut Susanti berdasarkan metode analisis QSPM. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi kasus. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGDs), kuesioner, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) Faktor internal menunjukkan bahwa kekuatan utamanya adalah UMKM Keripik Belut Susanti memiliki produk dengan bahan baku yang berkualitas. Kelemahan utamanya adalah peralatan produksi yang masih sederhana. Faktor eksternal menunjukkan bahwa peluang utamanya adalah UMKM Keripik Belut Susanti telah menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku di berbagai daerah baik di Yogyakarta maupun luar kota. Ancaman utamanya adalah persaingan ketat dengan produk keripik belut lainnya. (2) Tahap pencocokan matriks IE mendapatkan hasil analisis pada sel I. Tahap pencocokan matriks SWOT mendapatkan hasil analisis pada kuadran I dan nilai tertinggi merupakan strategi SO. (3) Tahap pengambilan keputusan dari matriks QSPM diperoleh strategi terbaik untuk mengembangkan UMKM Keripik Belut Susanti yaitu strategi meningkatkan kualitas produk.
Analisis Strategi Pemasaran dan Preferensi Konsumen Pada Erista Griyo Dhahar Di Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Khasnak Khanifah; Antik Suprihanti; Budiarto Budiarto
Agrisociabus Vol 1, No 2 (2022): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v1i2.7935

Abstract

This study aims to (1) analyze internal and external factors on Erista Griyo Dhahar (2) analyze the appropriate marketing strategy on Erista Griyo Dhahar (3) analyze consumer preferences for products, prices, locations, promotions, facilities and services at Erista Griyo Dhahar. The method used in this study is a quantitative research method with a case study approach. The method for determining respondents was purposive and accidental sampling. This study used primary data and secondary data. The method of data collection used were interviews, questionnaires, observation and documentation. Evaluating the instrument with validity and reliability tests. This study used SWOT analysis, QSPM and conjoint analysis. The results showed (1) Erista Griyo Dhahar's internal and external factors include strengths, weaknesses, opportunities and threats. The main strength is the unique flagship product that comes from the telang flower. The main Weakness is that the dining area is an open space and some are not permanent buildings. The main opportunity is to create a restaurant branch with a concept according to the target market. The main threat is there are restaurant competitors with a similar concept. (2) The marketing strategy for Erista Griyo Dhahar was an intensive strategy of intensively promoting via social media. (3) The most considered consumer preference is the price attribute and the most preferred combination of attribute levels is the combination of blue rice packages, low prices, location close to a home, promotions with discounted prices, facilities for a plants store, and responsive services.Keywords : Consumer preference, Conjoint, Marketing strategy, SWOT, QSPM.
Pengaruh Stres Kerja, Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Bale Ayu Resto Giwangan Kota Yogyakarta Rizki Adji Saputra; Siti Hamidah; Budi Widayanto
Agrisociabus Vol 2, No 1 (2023): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v2i1.8595

Abstract

Tujuan peneIitian adaIah: (1) Mendeskripsikan tingkat stres kerja, kompetensi, Iingkungan kerja dan kinerja karyawan, (2) MenganaIisis pengaruh stres kerja, kompetensi dan Iingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Metode peneIitian yang digunakan adaIah metode deskriptif dengan pendekatan metode kuantitatif. Metode peIaksanaan yang digunakan adaIah metode studi kasus. Cara pengambiIan sampeI dengan SampIing Jenuh (Sensus) dengan jumIah responden sebanyak 39 karyawan BaIe Ayu Resto Giwangan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Metode anaIisis data menggunakan anaIisis deskriptif dan anaIisis regresi Iinear berganda. HasiI menunjukan bahwa: (1) Stres kerja dan kompetensi termasuk daIam kategorisedang, sedangkan Iingkungan kerja dan kinerja karyawan termasuk daIam kategori baik, (2) Stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan, kompetensi dan Iingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.Kata Kunci : Stres kerja, kompetensi, Iingkungan kerja, kinerja karyawan.
Analisis Produktivitas Produksi Tepung Terigu Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Sintia Kharismayanti; Dwi Aulia Puspitaningrum; Budiarto Budiarto
Agrisociabus Vol 1, No 1 (2022): Agrisociabus
Publisher : Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, UPN "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/asb.v1i1.7679

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari Flour Mills. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indeks produktivitas pada bagian produksi tepung terigu PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi     Bogasari Flour Mills, Jakarta Utara. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode pelaksanaan menggunakan studi kasus. Penentuan responden menggunakan purposive sampling, terdapat 4 responden diantaranya Manager Mill III, Deputy Head Miller III, Miller Mill G dan Foreman Mill G. Sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder dan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Objective Matrix (OMAX) dengan menggunakan metode pendukung yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk analisis produktivitas. Pada penelitian ini terdapat 5 kriteria yang diukur untuk menganalisis produktivitas, diantaranya Kriteria 1 (Produktivitas Jam Kerja), Kriteria 2 (Produktivitas Pemakaian Energi), Kriteria 3 (Produktivitas Mesin), Kriteria 4 (Produktivitas Tenaga Kerja) dan Kriteria 5 (Produktiviats Jam Kerja Lembur). Hasil dari penelitian ini adalah indeks produktivitas terendah adalah bulan Agustus yaitu -79,48%, sedangkan indeks produktivitas tertinggi adalah bulan September yaitu sebesar 817,39%. Kata kunci: Analytical Hierarchy Process, Objective Matrix, produktivitas, tepung terigu