Journal of Agricultural Social and Business
Vol 1, No 1 (2022): Agrisociabus

Analisis Produktivitas Produksi Tepung Terigu Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Sintia Kharismayanti (Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Dwi Aulia Puspitaningrum (Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Budiarto Budiarto (Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari Flour Mills. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indeks produktivitas pada bagian produksi tepung terigu PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi     Bogasari Flour Mills, Jakarta Utara. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode pelaksanaan menggunakan studi kasus. Penentuan responden menggunakan purposive sampling, terdapat 4 responden diantaranya Manager Mill III, Deputy Head Miller III, Miller Mill G dan Foreman Mill G. Sumber data yang digunakan adalah data primer, data sekunder dan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Objective Matrix (OMAX) dengan menggunakan metode pendukung yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk analisis produktivitas. Pada penelitian ini terdapat 5 kriteria yang diukur untuk menganalisis produktivitas, diantaranya Kriteria 1 (Produktivitas Jam Kerja), Kriteria 2 (Produktivitas Pemakaian Energi), Kriteria 3 (Produktivitas Mesin), Kriteria 4 (Produktivitas Tenaga Kerja) dan Kriteria 5 (Produktiviats Jam Kerja Lembur). Hasil dari penelitian ini adalah indeks produktivitas terendah adalah bulan Agustus yaitu -79,48%, sedangkan indeks produktivitas tertinggi adalah bulan September yaitu sebesar 817,39%. Kata kunci: Analytical Hierarchy Process, Objective Matrix, produktivitas, tepung terigu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...