Journal of Agricultural Social and Business
Vol 1, No 1 (2022): Agrisociabus

Dinamika Kelompok pada Bank Sampah Gemah Ripah Kabupaten Bantul Yogyakarta

Laila Sari (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Eko Murdiyanto (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Daru Retnowati (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengkaji pengelolaan sampah di Bank Sampah gemah Ripah. (2) mengkaji peranan pemangku kepentingan pada Bank Sampah Gemah Ripah. (3) Mengkaji dinamika kelompok dalam pengelolaan sampah pada Bank Sampah Gemah Ripah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan pengambilan informan secara Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan keabsahan data yang diperoleh akan diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa (1) Pengelolaan sampah pada Bank Sampah Gemah Ripah dilakukan dimulai dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.(2) Pemangku kepentingan yang terlibat di dalam kegiatan Bank Sampah Gemah Ripah adalah DLH, PLN, dan juga ada DPU. (3) Bank Sampah Gemah Ripah sudah sampai pada tahap performing.Kata kunci: dinamika kelompok, pemangku kepentingan, pengelolaan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...