Journal of Agricultural Social and Business
Vol 1, No 1 (2022): Agrisociabus

Partisipasi Kelompok Wanita Tani Pada Kegiatan Per-cepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Desa Joho

Annisa Dwi Setiyawati (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Daru Retnowati (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)
Eko Murdiyanto (Program Studi Agribisnis Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan di Kelompok Wanita Tani Bersemi (2) Mengkaji dimensi partisipasi kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (3) Mengkaji unsur partisipasi yang terjadi pada Kelompok Wanita Tani Bersemi (4) Mengkaji bentuk partisipasi Kelompok Wanita Tani Bersemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus, pemilihan informan dengan menggunakan teknik purposive. Sumber Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di Kelompok Wanita Tani Bersemi meliputi kegiatan pembibitan dan peternakan (2) Dimensi Kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di Kelompok Wanita Tani Bersemi yang paling terlihat dari dimensi pemanfaatan hasil (3) Unsur partisipasi yang terjadi pada kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan telah sampai pada tanggung jawab (4) Bentuk partisipasi yang terjadi pada kegiatan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yaitu pada saat pemberian tenaga dengan cara bergotong royong dalam melaksanakan kegiatan mulai dari pembibitan hingga pemanenan menyumbangkan bahan baku pupuk, makanan, minuman dan menggunakan peralatan pribadi. Memberikan keluhan irigasi dan pupuk pada saat kegiatan berlangsung.Kata kunci: partisipasi, Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...