Journal of Agricultural Social and Business
Vol 1, No 2 (2022): Agrisociabus

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KAMPUNG SANTAN DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL

Aisyah Amini (Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Daru Retnowati (Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Eko Murdiyanto (Program Studi Agribisnis, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji proses partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata kampung santan di Dusun Santan Desa Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul, (2) mengkaji bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata kampung santan di Dusun Santan Desa Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul, (3) mengkaji jenis partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata kampung santan di Dusun Santan Desa Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian studi kasus. Tenik penentuan informan dengan purposive sampling, dalam penelitian ini informan yang diwawancarai yaitu ketua POKDARWIS sebagai informan kunci, masyarakat sebagai informan utama, dan ketua pengelola desa wisata sebgai informan pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh akan diuji keabsahan data dan lanjut dengan triangulasi. Triangulasi yang digunakan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wista santan masyarakat yaitu ikut serta dalam pengambilan kepuusan, pelaksanaan, pemanfaatan dan evaluasi, (2) bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata yaitu kontribusi dan pemberdayaan, (3) jenis partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wista santan yaitu pikiran, tenaga, pikiran dan tenaga, keahlian, barang, dan uang. Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pengembangan, Desa Wisata

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...