Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 12 No 2 (2024): Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah

PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IIS I

Muhamad Rafly Islami (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)
Usmaedi Usmaedi (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)
Weny W Bastaman (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak Siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran sejarah dan kondisi tenaga pendidik yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, sehingga Siswa yang tadinya antusias menjadi kurang semangat belajar di dalam kelas. Padahal profesionalitas tenaga pendidik menjadi tumpuan awal keberhasilannya belajar di kelas. Tujuan penulisan ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar sejarah melalui metode Team Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto, Suhardjono, & Supardi, 2015 terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 tindakan. Objek penelitian ini pada Siswa kelas XI MAN 1 Lebak pada bulan april-mei 2024 dengan jumlah 32 Siswa. Tes yang digunakan pada penilaian ini yaitu menggunakan tes dan nontes. Sedangkan analisis data kuantitatif memanfaatkan presentase yang merupakan langkah awal dari keseluruhan proses analisis. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar sejarah melalui metode Team Games Tournament (TGT) menunjukan adanya peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dari tindakan prasiklus ini mencapai 55,75 termasuk kategori “kurang”. Pada hasil pelaksanaan siklus I menunjukan peningkatan dengan nilai rata-rata 2339 atau 73,09% mencapai kategori “cukup”. Dan pada siklus II ini secara keseluruhan sudah mencapai indikator pencapaian yaitu 2596 atau 81,13% dimana nilai KKM yaitu 80. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada Siswa kelas XI IIS 1 MAN 1 Lebak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KALA

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Kala Manca menerima dan memuat artikel-artikel yang fokus pada hasil penelitian ilmiah dan hasil penelitian sejarah, pendidikan (pembelajaran) sejarah, Budaya, Bahasa. Hasil penelitian memberikan kontribusi terhadap pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta penerapannya dalam ...