Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta (DIMASETA)
Vol 3 No 1 (2024): Juni 2024

Pembuatan Katalog Produk untuk UMKM Anyam NT. KAR di Boyolali

Satria Veriansyah (STIE Surakarta)
Atik Lusia (Unknown)
Giris Putranti (Unknown)
Nadia Putri Wulandhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Perkembangan teknologi dalam beberapa dekade terakhir telah membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam promosi produk. Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, seperti media sosial dan e-commerce, telah mengubah cara konsumen mengakses informasi, berinteraksi dengan produk, dan mengambil keputusan pembelian. Namun, perubahan ini belum sepenuhnya dirasakan oleh UMKM yang masih terkendala akses teknologi dan informasi. Promosi merupakan kunci peningkatan penjualan bagi UMKM, tetapi banyak yang masih mengandalkan metode tradisional seperti Word of Mouth. Contohnya, UMKM Anyam NT. KAR yang memproduksi kain tenun di Boyolali masih memasarkan produknya secara tradisional meskipun sudah memiliki pasar ekspor. Ketergantungan pada metode ini bisa menjadi masalah jika kehilangan konsumen tetap. Oleh karena itu, untuk mempermudah UMKM Anyam NT. KAR dalam promosi, diperlukan pembuatan katalog sebagai bahan promosi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan fokus pada pembuatan katalog, meliputi riset profil, penguasaan product knowledge, foto produk, dan desain katalog. Diharapkan penggunaan katalog dapat mempermudah pemasaran dan memperkuat Word of Mouth secara lebih positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dms

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (DIMASETA) merupakan jurnal pengabdian yang diterbitkan oleh STIE Surakarta. DIMASETA bertujuan mengakomodir pengabdian para dosen dan pengabdi untuk diterbitkan, Terbitan pertama pada bulan Juni 2022 di volume 1 nomer 1 engan Nomor ...