Ekonomia
Vol. 9 No. 1 (2019): FEBRUARI

Pengaruh Promosi terhadap Penjualan pada Toko “Tani Subur” Pagar Alam

Laili Dimyati (STIE Lembah Dempo)



Article Info

Publish Date
13 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi terhadap penjualan pada toko Tani Subur Pagar Alam.Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian asosiatifyang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih, dimana peneliti melakukan serangkaian observasi dengan mengaitkan masalah yang ada dengan teori yang mendukung untuk kemudian diambil kesimpulan.Setelah penulis melakukan pembahasan secara mendalam maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh pengaruh antara variabel promosi (X) terhadap variabel penjualan (Y) dapat dinyatakan dengan persamaan regresi Y= 17.750 + 0.520X.Nilai konstanta sebesar 17.750 dapat diartikan bahwa jika tidak ada variabel Promosi (X) maka Penjualan (Y) toko Tani Subur Pagar Alam sebesar 17.750; 2) Berdasarkan analisis koefisien dengan model summary diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (R) = 0,533 dan nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,284 dan nilai R Square setelah disesuaikan (Adjusted R Square) adalah 0,269; 3) Pengaruh Promosi (X) terhadap Penjualan (Y) nilai korelasinya sebesar 0,533berarti terdapat nilai korelasi dalam taraf sedang dan tanda positif pada koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan searah antara promosi (X) dengan variabel penjualan (Y).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ITBis-E

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomia adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Ekonomia diterbitkan dua kali selama satu tahun, yaitu pada februari dan juli. Ekonomia bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan ...