cover
Contact Name
Laili Dimyati
Contact Email
lailidimyati@lembahdempo.ac.id
Phone
+62 82371405765
Journal Mail Official
srahayu2119@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kol M. Nuh Jembatan Beringin Pagar Alam Sumatera Selatan Phone. 0730-624445 | Mobile. 08117104411
Location
Kota pagar alam,
Sumatera selatan
INDONESIA
Ekonomia
ISSN : 18582451     EISSN : 29643503     DOI : https://doi.org/10.54342/itbis-e
Core Subject : Economy, Science,
Ekonomia adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Ekonomia diterbitkan dua kali selama satu tahun, yaitu pada februari dan juli. Ekonomia bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran kritis tentang ilmu ekonomi dan bisnis, ilmu manajemen dan ilmu akuntansi. Penyebarluasan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dalam praktik secara nyata oleh stakeholder terkait dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan untuk tujuan pendidikan dan pengembangan ekonomi. Ekonomia adalah jurnal online peer-review akses terbuka yang menyediakan forum untuk berbagi kajian ilmiah tentang manajemen, akuntansi, dan pembangunan ekonomi. Redaksi menyambut artikel dan laporan penelitian yang membahas isu-isu terkini seperti: Manajemen keuangan, Manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen syariah, akuntansi umum, akuntansi pemerintahan, perencanaan pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi industri dan bisnis ekonomi.
Articles 65 Documents
Pengaruh Promosi terhadap Penjualan pada Toko “Tani Subur” Pagar Alam Laili Dimyati
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi terhadap penjualan pada toko Tani Subur Pagar Alam.Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian asosiatifyang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih, dimana peneliti melakukan serangkaian observasi dengan mengaitkan masalah yang ada dengan teori yang mendukung untuk kemudian diambil kesimpulan.Setelah penulis melakukan pembahasan secara mendalam maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh pengaruh antara variabel promosi (X) terhadap variabel penjualan (Y) dapat dinyatakan dengan persamaan regresi Y= 17.750 + 0.520X.Nilai konstanta sebesar 17.750 dapat diartikan bahwa jika tidak ada variabel Promosi (X) maka Penjualan (Y) toko Tani Subur Pagar Alam sebesar 17.750; 2) Berdasarkan analisis koefisien dengan model summary diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (R) = 0,533 dan nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,284 dan nilai R Square setelah disesuaikan (Adjusted R Square) adalah 0,269; 3) Pengaruh Promosi (X) terhadap Penjualan (Y) nilai korelasinya sebesar 0,533berarti terdapat nilai korelasi dalam taraf sedang dan tanda positif pada koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan searah antara promosi (X) dengan variabel penjualan (Y).
Analisis Lingkungan Kerja pada Pegawai di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tanjung Sakti Pasemah Ulu Muara Ulu (PUMU) Kabupaten Lahat Marko Ilpiyanto
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui dan menganalisis lingkungan kerja di kantor uptd pendidikan dan kebudayaan kecamatan tanjung sakti pumu kabuapaten lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 30 orang responden yang merupakan 26 pegawai kantor uptd dan 4 guru yang sering berurusan dengan kantor uptd, serta dta observasi langsung dari objek penelitian. Data skunder diperoleh melalui studi kepustakaan (buku-buku dan literartur yang relevan) dan data internal instansi. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari dimensi lingkungan kerja yang terdiri dari ,1) lingkungan kerja fisik, 2) lingkungan kerja non fisik. Berdasarkan uraian dan paparan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lingkungan kerja diperoleh 2 aspek meliputi, 1) lingkungan kerja fisik, 2) lingkungan kerja non fisik, dapat dilihat bahwa persentase jawaban responden yang menjawab setuju dan sangat setuju adalah sebesar 66% angka tersebut masuk pada kategori cukup baik, namun di harapkan bahwa agar kantor UPTD pendidikan dan kebudayaan kecamatan tanjung sakti pumu dapat meningkatkan kualitas lingkungan kerja pada faktor sarana dan prasarana dan kemanan karena berdasarkan tanggapan responden kedua hal tersebut masuk pada kategori kurang baik.
Break Event Point sebagai Perencanaan Laba pada PT.Sepatu Bata Tbk Ruaman Yudianto
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan Laba dan meningkatkan Laba yang diperoleh dengan menggunakan metode break event point sebagai alat perencanaan Laba pada PT.Sepatu Bata Tbk. Teknik pengumpulan data yang dirgunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dan pengumpulan data-data keuangan pada PT. Sepatu Bata Tbk Tahun 2012-2016 yang didapatkan disitus resmi Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yaitu data yang disajikan dalam bentuk angka. Hasil penelitian pada PT. Sepatu Bata Tbk. dengan menggunakan teknik analisis break even point dapat diketahui bahwa, untuk tahun 2012 break event point adalah sebesar Rp.492.432.716.146, dengan tingkat margin of savety sebesar 64,9% sedangkan Tahun 2013 break event point menjadi Rp.689.201.504.823 lebih meningkat dari Tahun 2012 dengan tingkat margin of savety sebesar 62,9%, Tahun 2014 tingkat break even point adalah sebesar Rp.717.449.516.667 dengan tingkat margin of savety sebasar 63,6%, begitu juga dengan Tahun 2015 break event point sebesar Rp.910.661.774.603 angka ini lebih besar dari break event point Tahun 2014 yakni sebesar Rp.717.449.516.667 dengan tingkat margin of savety sebesar 56,9%, dan untuk Tahun 2016 break even point lebih kecil dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp.808.813.303.207 dengan tingkat margin of savety sebesar 1,39%. Faktor indikasi yang mempengaruhi break event point karena beban yang didapatkan perusahaan cukup besar sehingga berpengaruh terhadap Laba. Untuk mengindari perusahaan dari break event point maka perusahaan harus lebih meningkatkan penjualan serta meminimalisir biaya-biaya yang dikeluarkan, agar Laba yang didapatkan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.
Analisa Dampak Globalisasi terhadap Perdagangan Internasional Mastriati Hini Hermala Dewi
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): FEBRUARI
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuai dan menjelaskan “Analisis dampak Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional.” Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Analisis dampak Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional.penelitian ini meru pakah penelitian normatip atau studi kepustakaan yaitu dengan menelaah berbagai leterator dengan teknik Analisis data analisis kualitatif yaitu “dengan cara menguraikan data secara bermutu dalam bentuk kalimat serta pernyataan untuk mempermudah membaca dan memahami data. Hasil analisisdapat diketahui faktor yang berpengaruh terhadap perdagangan internasional dan dampak globalisasi terhadap perdagangan Internasional diandaranya kehadiran Multinasional Corporations (MNC)ang berperan penting dalam perdagangan internasional dan ivestasi dunia serta dapat diketahui dampak baik yang bersipat positiv maupun negatif perdagangan internasional.
Pengaruh Konflik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pagar Alam Yulia Misrania
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): Pengaruh Konflik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Badan Keuan
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konflik terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pagar Alam, Jenis data yang digunakan dalam penelitian, yaitu: Data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari sampel penelitian dengan cara mengajukan angket penelitian. Data Sekunder diperoleh dari dokumen – dokumen data statistik, buku – buku, majalah, koran dan keterangan lainnya yang ada kaitannya dengan objek penelitian yang penulis lakukan di Kantor Badan Keuangan Daerah Kota Pagar Alam. Berdasarkan hasil uji regresi variabel konflik memiliki nilai 0,288 maka kepuasan kerja akan meningkat sebesar 0,288. Dengan tingkat signifikansi atau =0,018pada tabel Coefficientsadengan nilai (derajat signifikansi) 0,05 artinya 0,018 0,05. Dari hasil tersebut maka kriteria pengujiannya yaitu artinya H0 diterima dan H1 ditolak kesimpulannya secara parsial konflik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Nilai positif menjelaskan ada pengaruh adanya pengaruh yang searah yaitu apabila konflik meningkat, maka kepuasan kerja pegawai Badan Keuangan Daerah Kota Pagar Alam akan menurun.
Analisis Peraturan Menteri Nomor PER.02/MEN/III/2008 Tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing di Indonesia Herma Diana
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): Analisis Peraturan Menteri Nomor PER.02/MEN/III/2008 Tentang Tata Cara Pengguna
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Realizing the reality so far Indonesia still needs foreign investors, as well as the influence of globalization of civilization where Indonesia as a WTO member country must open up opportunities for foreign workers to enter. To anticipate this, it is expected that there will be a complete set of regulations governing the requirements of foreign workers, as well as securing the use of foreign workers. The regulation must regulate the basic aspects and forms of regulation that regulate not only at the Ministerial level, with the aim of using foreign workers selectively while still prioritizing migrant workers. Therefore, in employing foreign workers, it is carried out through very strict mechanisms and procedures, especially by requiring companies or corporations that use foreign workers to work in Indonesia by making plans to use foreign workers (RPTKA) as stipulated in Ministerial Regulation Number PER .02 / MEN / III / 2008 concerning Procedures for the Use of Foreign Workers. The development of globalization has led to a movement of capital flows and investment to various parts of the world, and there has also been population migration or movement of labor between countries. The movement of labor takes place because investments made in other countries generally require direct supervision by the owner / investor. In line with that, in order to maintain the continuity of the business and its investment. To avoid the occurrence of legal problems and excessive use of foreign labor, the Government must carefully determine the policies that will be taken to maintain a balance between foreign workers (foreign capital) and domestic workers.
Pengaruh Teknologi yang Digunakan terhadap Tingkat Produksi Teh pada PT. Perkebunan Nusantara VII Kota Pagar Alam Zulaiha Zulaiha
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): Pengaruh Teknologi yang Digunakan terhadap Tingkat Produksi Teh pada PT. Perkeb
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknologi terhadap tingkat suatu produksi dan meningkatkan hasil produksi dengan memilih dan menerapkan bentuk teknologi yang tepat. teknologi yang digunakan pada pabrik teh PTPN VII Kota Pagar Alam masih menggunakan teknologi Orthodox dimana teknologi ini masih menghasilkan tingkat produksi yang cukup rendah dibandingkan dengan teknologi CTC yang mampu menghasilkan produk teh dengan kualitas yang lebih baik.
Analisis Sektor Unggulan Kota Pagar Alam Deki Fujiansyah
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): Analisis Sektor Unggulan Kota Pagar Alam
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari analisis sektor unggulan Kota Pagar Alam pada tahun 2010 sampai 2014 yaitu untuk mengkaji ulang sektor unggulan Kota Pagar Alam dan perubahan struktur ekonominya. Sedangkan manfaat dari analisis ini yaitu sebagai bahan kajian mengenai sektor unggulan Kota Pagar Alam dan informasi bagi pemerintah Kota Pagar Alam untuk menentukan prioritas dalam pembangunan sektoral. Ruang lingkup penelitian ini difokuskan pada analisis sektor unggulan Kota Paga Alam dari tahun 2010-2014 dengan 17 sektor yang ada di Kota Pagar Alam berdasarkan PDRB harga konstan 2010. Jenis data yang digunakan yaitu data skunder. Data sekunder diperoleh dari publikasi badan pusat statistik kota Pagar Alam, Badan Pusat statistik Provinsi Sumatera Selatan, jurnal serta dari berbagai literatur lainya yang relevan. Jenis penelitian ini menggunakan teknik analisis yang digunakan untuk menentukan sektor potensial kota pagar alam yaitu dengan menggunakan teknik desktiptif kuantitatif dengan perhitungan Location Quotient (LQ) dan Shiftshare. Hasil analisis menunjukkan sektor yang menjadi unggulan atau basis Kota Pagar Alam berdasarkan PDRB menurut lapangan usaha dengan harga konstan 2010 dari tahun 2010 sampai 2014 yaitu sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; sektor konstruksi; sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor; sektor transportasi dan pergudangan; penyediaan akomodasi dan makan minum; sektor jasa keuangan dan asuransi; sektor real estat, sektor jasa pendidikan; jasa kesehatan dan kegiatan sosial serta sektor jasa lainya.
Pengaruh Sosiodemografi dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Turnover Intentions Karyawan PT. Thamrin Brothers Cabang Baturaja Noviansyah Noviansyah
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): Pengaruh Sosiodemografi dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Turnover Intention
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosiodemografi dan karakteristik pekerjaan terhadap Turnover Intentions karyawan PT. Thamrin Brothers Baturaja. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil bahwa secara parsial sosiodemografi terhadap Turnover Intentions karyawan PT. Thamrin Brothers Baturaja (3,196 > 2,3313). karakteristik pekerjaan berpengaruh terhadap Turnover Intentions karyawan PT. Thamrin Brothers Baturaja (8,704 > 2,3313). Secara simultan ada pengaruh sosiodemografi dan karakteristik pekerjaan terhadap Turnover Intentions karyawan PT. Thamrin Brothers Baturaja (169,105 > 2,85). Hasil analisis koefisien diterminasi menunjukkan bahwa sosiodemografi dan karakteristik pekerjaan memberikan kontribusi terhadap naik turunnya Turnover Intentions karyawan PT. Thamrin Brothers Baturaja sebesar 89,7% sedangkan sisanya sebesar 10,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Pengaruh Pelatihan terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pagar Alam Yadi Maryadi
Ekonomia Vol. 9 No. 1 (2019): Pengaruh Pelatihan terhadap Prestasi Kerja Pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa d
Publisher : LPPM Universitas Lembah Dempo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap prestasi kerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pagar Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 32 responden yaitu pegawai negeri sipil Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pagar Alam, serta observasi langsung pada objek penelitian. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dan data internal instansi. Adapun indikator yang digunakan diperoleh dari penelitian ini adalah dimensi pelatihan yang terdiri dari 1)Kebutuhan Pelatihan, 2) Sasaran Pelatihan, 3) Kurikulum Pelatihan, 4) Peserta Pelatihan, 5) Pelatih(trainer). Sedangkan dimensi prestasi kerja pegawai terdiri dari 1)Hasil Kerja, 2) Pengetahuan Pekerjaan, 3) Inisiatif, 4)Kecekatan Mental, 5)Sikap, 6) Disiplin. Dari hasil penelitian diperoleh 1) berdasarkan nilai pengaruh antara kedua variabel diperoleh hasil bahwa pengaruh pelatihan (X) terhadap prestasi kerja pegawai (Y) nilai korelasinya sebesar 0,790 berarti terdapat nilai pengaruh dalam taraf kuat. 2) memalui uji regresi dapat dinyatakan bahwa 23.395 + 0,879x, nilai konstanta sebesar 23.395 dapat diartikan bahwa jika tidak ada variabel pelatihan maka prestasi kerja pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pagar Alam sebesar 0,879 dapat diartikan bahwa apabila variabel pelatihan meningkat sebesar satu satuan maka prestasi kerja pegawai akan meningkat sebesar 0,879. 3) berdasarkan analisis koefisien dapat dinyatakan bahwa prestasi kerja dapat dijelaskan oleh variabel pelatihan sebesar 62,4 % sedangkan sisanya sebesar 37,6 % dapat dijelaskan oleh faktor lain diluar yang diteliti.