Ekonomia
Vol. 10 No. 2 (2020): JULI

Strategi Pemasaran Tahu Pada Usaha Rumahan Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat

Laili Dimyati (Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam)
Yadi Maryadi (Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam)
Mastriati Hini Hermala Dewi (Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada usaha tahu rumahan yang ada di Desa Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, kuesioner, dan pedoman wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode analisis kualitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari observasi, kuesioner, dan wawancara menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitan dan pembahasan atas permasalahan yang ditemukan, penulis menyimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan rumahan yang ada di desa Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat masih kurang baik, hal ini karena perusahaan hanya memasarkan satu macam jenis produk saja dan juga konsumen kurang mengetahui keberadaan penjualan produk, karena tidak adanya tempat penjualan yang tetap selain di tempat industri. Adapun cara untuk memperbaiki strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha tahu rumahan yang ada di desa Sindang Panjang Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat adalah dengan menggunakan dan menentukan matriks SWOT yaitu kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Oportunity), dan ancaman (Threats) terlebih dahulu sehingga dipatkan alternatif seperti menambahkan jenis maupun ukuran dari produk yang dipasarkan dan menetapkan tempat penjualan sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang dipasarkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ITBis-E

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomia adalah jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo. Ekonomia diterbitkan dua kali selama satu tahun, yaitu pada februari dan juli. Ekonomia bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dan ...