Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pengaruh kelekatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada klinik Yulia Asniati Medical Centre Kota Pagar Alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara, observasi, dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode analisis kuantitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari wawancara, kuesioner, dan lain-lain. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada bab sebelumnya, maka ditarik kesimpulan bahwa variabel Kelekatan pelanggan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pasien (Y) pada Klinik Yulia Asniati Medical Centre Kota Pagar Alam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data menggunakan SPSS dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t dengan hasil nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai variabel persepsi customer bonding berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu hasil penelitian pada uji determinasi variabel Kelekatan pelanggan diperoleh hasil sebesar 47,1% terhadap loyalitas pasien sedangkan sisanya 52,9% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2022