Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JUPANK)
Vol. 1 No. 2 (2021): JUPANK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)

Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Karakter Era Society 5.0

Syarkati Syarkati (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Rifa'i Rifa'i (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Abstrak                        Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perspektif Islam terhadap pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2) karakteristik atau ciri khas pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu; 3) keefektifan implementasi pendidikan Islam dan pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode Penelitian menggunakan analisis secara kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meggunakan 3 cara, yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, teknik pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Prosedur dalam penelitian ini melakukan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian seperti menyiapkan format observasi pendidikan Islam dan pendidikan karakter, menyusun jadwal kegiatan, dan menyusun instrumen berupa angket untuk mahasiswa dan dosen.Hasil penelitian dapat terlihat bahwa perspektif Islam di itu adalah pertama, supaya mahasiswa dan dosen terbiasa melakukan perbuatan baik. Kedua, supaya interaksi manusia dengan Allah SWT dan sesama makhluk lainnya senantiasa terpelihara dengan baik dan harmonis. Karakteristik pendidikan karakter pada mahasiswa terlihat sudah mencerminkan 19 indikator pendidikan karakter. Kata Kunci: Perspektif, kurikulum, pendidikan agama Islam, pendidikan karakter. 

Copyrights © 2021