Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JUPANK)
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (JUPANK)

PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PERAMUKA DI SMAN 5 BENGKULU TENGAH

heru wahyudi (universitas muhamdiyyah bengkulu)
syarkati syarkati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Nilai karakter yang dapat dikembangkan melalui kegiatan pramukaan seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan diluar jam sekolah mimiliki tujuan untuk mengembangkan potensi diri, memperluas pengetahuan, dan menyalurkan bakat minat peserta didik dengan pengawasan pihak sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler dapat dilakukan didalam lingkungan sekolah dan diluar lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. teknik analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimanakah kegiatan peramuka dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan kewarganegaraan di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah. 2. Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Nilai-nilai Kewarganegaraan dalam Kegiatan Kepramukaan di SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan, esktrakulikuler pramuka character values ​​that can be developed through scouting activities such as religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, national spirit, love for the homeland, respect for achievement, friendly/communicative, love peace, love to read, environmental care, social care, and responsibility. Extracurricular activities are additional activities carried out outside school hours with the aim of developing self-potential, expanding knowledge, and channeling the talents and interests of students under the supervision of the school. Extracurricular activities can be carried out within the school environment and outside the school environment. The method used in this study is a qualitative method. While the data collection techniques using observation, documentation and interviews. data analysis techniques, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the research are as follows: 1. How are scout activities in developing the values ​​of civic education at SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah. 2. What are the Supporting and Inhibiting Factors in the Development of Citizenship Values ​​in Scouting Activities at SMA Negeri 5 Bengkulu Tengah.

Copyrights © 2022