Instansi dapat dikatakan berhasil apabila mampu memberikan pelayanan yang baik. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, instansi dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan. Sistem yang berjalan di koperasi Kebun Raya Cibodas dinilai masih belum bekerja secara optimal dalam proses pencatatan dan pengolahan data maupun laporan di bidang keuangan karena pencatatan masih dilakukan secara manual dimana data simpan pinjam anggota ditulis ke dalam buku besar. Oleh karena itu, tidak jarang anggota tidak mengingat besaran simpanan maupun angsuran pinjaman yang ditanggungnya. Maka perlu adanya sistem informasi yang bertujuan untuk mempermudah kinerja pegawai dalam penyusunan data koperasi. Metode penelitian yang digunakan yakni metode pendekatan objek serta menggunakan metode pengembangan prototipe. Penelitian ini menyelesaikan permasalahan yang ada dengan merancang dan membangun sistem informasi koperasi yang bertujuan untuk mempermudah kinerja pegawai Koperasi Gardenia dalam penyusunan data koperasi disertai dengan pembuatan laporan secara otomatis, dan serta memberikan informasi data simpan dan pinjam pada anggota melalui pesan singkat (SMS).
Copyrights © 2022