cover
Contact Name
Rian Andrian
Contact Email
integratedjurnalpsti@gmail.com
Phone
+6285222484825
Journal Mail Official
integratedjurnalpsti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Integrated : Journal Of Information Technology and Vocational Education
ISSN : 26569760     EISSN : 26570769     DOI : https://doi.org/10.17509/integrated
INTEGRATED is a scientific journal published by the Department of PSTI UPI Kampus Purwakarta. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information system and vocational education. INTEGRATED is published twice a year in April and October. The paper is an original script and has a research base on information system and vocational education. The scope of the paper includes several studies but is not limited to the following study. Information System Information Technology Computer Architecture Design Artificial Intelligence Geographical Information System Image Processing Data Mining E-Learning ICT and Education Vocational Education Cryptography Computer Network Security Modelling and Simulation Information Retrieval Information Filtering Operating System Mobile Computing Natural Language Processing Expert System Thus, we invite Academics, Researchers, and Practitioners to participate in submitting their work to this journal. ISSN : 2657-0769 (Online) 2656-9760 (Printed)
Articles 68 Documents
Penerapan teknik scraping python pada website marketplace indonesia Falentino Sembiring; Dian Permata Sari
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i1.28243

Abstract

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko, online marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Terkadang setiap situs e-commerce menawarkan produk dengan diskon yang sangat besar. Persoalannya, banyak sekali konsumen yang tertipu dengan iming-iming diskon, sedangkan harga yang dijual sebenarnya sudah dinaikkan terlebih dulu sebelum didiskon sehingga harga yang terjual terkesan murah namun sebenarnya mahal. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik scraping python pada website marketplace di Indonesia dan mengolahnya menjadi sebuah website perbandingan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Model pengembangaan sistem yang digunakan adalah System Development Life Sycle (SDLC) yang merujuk kepada teori SDLC Raymond Mcleod tahun 2007 memuat beberapa hal, yaitu analisis, desain, testing dan implementasi. Hasil dari penelitian ini berupa website perbandingan harga antar marketplace Bukalapak dan Shopee dengan mengambil data produk pada kategori handphone dan sepatu pada marketplace Bukalapak dan Shopee menggunakan bahasa pemrograman Python.
Pengembangan purwarupa aplikasi informasi diskon berbasis mobile dengan metode design thinking Rifqi Syamsul Fuadi; Firly Wiryandhani; Ananda Sekar Putri; Aulia Anggita Putri; Regina Aulia Putri
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v2i2.48380

Abstract

Di era teknologi ini seluruh pusat informasi terpusat pada sistem informasi baik dalam bentuk website, aplikasi, atau bentuk sistem informasi lainnya. Banyak pengembang sistem informasi yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang dapat memecahkan masalah dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan segala aktivitasnya. Banyaknya masyarakat yang kesulitan dalam mencari informasi diskon secara terpusat, maka dari itu perlu dikembangkan aplikasi yang dapat menghimpun informasi diskon dalam berbagai kategori sehingga memudahkan para calon pelanggan untuk mencari kebutuhannya. Salah satu pendekatan yang dapat membantu pengembangan aplikasi ini adalah dengan metode design thinking. Design thinking merupakan sebuah pola pemikiran seperti desainer yang menggunakan pendekatan human oriented dalam pemecahan masalahnya. Pada metode design thinking ini akan dilakukan pengembangan ide secara terstruktur dengan melibatkan langsung pihak yang akan berhadapan atau bersinggungan dengan permasalahan. Melalui analisis terhadap respon calon pengguna akan dihasilkan suatu perancangan fitur yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam UI/UX aplikasi yang akan dibuat.
Pembuatan content management system sebagai upaya percepatan penurunan stunting di kota bandung Lukman Hakim; Rickard Elsen
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v5i1.60273

Abstract

Stunting bukan masalah yang bisa di anggap sebelah mata karena pertumbuhan yang tidak sesuai pada anak balita juga berpengaruh pada kemampuan kinerja otaknya. Pemerintah Kota Bandung melakukan gerakan percepatan penurunan stunting di Kota Bandung dengan membuat aplikasi e-Penting.Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung merupakan unsur utama dalam bidang teknologi yang mengembangkan from input stunting. Pembuatan aplikasi ini membutuhkan banyak pihak yang terkait karena dibutuhkan data yang akurat dan cepat. Karena perlu mengumpulkan data dari banyak pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kesejahteraan Rakyat, Dinas Sosial, dll maka aplikasi e-Penting ini perlu didukung sistem informasi penginputan data stunting untuk mengumpulkan data dari pihak terkait secara berkala yang lebih efisien dan efektif sehingga data yang terkumpul bisa langsung ditampilkan pada aplikasi e-Penting. Selain itu data yang disajikan dari setiap kedinasan masih dalam bentuk Microsoft excel yang dinilai masih kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu aplikasi sistem informasi penginputan data dari setiap kedinasan agar bisa menginput, menghapus, dan tersimpan secara otomatis di database dari aplikasi e-Penting menggunakan metode Prototype dengan framework laravel. Aplikasi e-Penting nantinya akan menyajikan informasi yang akurat karena sudah terintegrasi dengan aplikasi Form Input Stunting. Hasil dari penelitian ini adalah berupa website form input stunting dan semua fungsi berjalan sesuai dengan kemauan pengguna.
Pendekatan berbasis prototipe hirarki pelatihan otomatis untuk klasifikasi semi-supervisi Idzmah Utmurtia; Dicky Fahmi Saputra
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 3, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v3i2.64652

Abstract

Penelitian ini mengusulkan sebuah pendekatan berbasis prototipe hirarki dalam konteks pelatihan otomatis untuk klasifikasi semi-supervisi. Dengan menggunakan teknik prototipe hirarki, pendekatan ini memungkinkan pengembangan model klasifikasi yang lebih efisien dan akurat dengan memanfaatkan data semi-terawasi. Klasifikasi semi-supervisi adalah permasalahan penting dalam pembelajaran mesin, di mana data pelatihan terdiri dari sebagian besar data yang tidak berlabel dan sebagian kecil data yang berlabel. Pendekatan ini mengintegrasikan unsur-unsur prototipe, yang mewakili kelompok-kelompok data dalam ruang fitur, dengan pendekatan hirarkis untuk meningkatkan klasifikasi data yang tidak berlabel. Tujuan dari eksperimen dan evaluasi empiris menunjukkan bahwa pendekatan berbasis prototipe hirarki ini efektif dalam menghasilkan model klasifikasi yang unggul dalam konteks klasifikasi semi-supervisi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan sistem klasifikasi yang memanfaatkan data yang tidak berlabel secara efisien. Dengan demikian, penelitian menjadi landasan penting dalam pengembangan model klasifikasi semi-supervisi yang lebih canggih dan efisien.
Pengembangan website profile generator untuk memberikan kemudahan pengguna dalam membuat cv, portofolio dan name card dalam satu platform Teresia Ratna Calista; Zahra Luthfiah; Muhammad Rafli; Chaerul Imam
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v3i2.35571

Abstract

Kebutuhan akan dunia kerja yang semakin meningkat, menyebabkan banyaknya terjadi persaingan antara para pelamar pekerjaan tersebut. Kebanyakan perusahaan tersebut sangat memperhatikan dokumen data diri dari pelamarnya. Data diri tersebut bisa kita dapatkan melalui dokumen berupa CV, Portofolio ataupun Name Card. Namun, tidak sedikit pelamar yang tidak dapat membuat data diri tersebut padahal mereka memiliki potensi di pekerjaan itu. Alasan mengapa kebanyakan pelamar tersebut tidak dapat membuat data diri adalah karena kurangnya pengetahuan akan dokumen data diri juga karena kurangnya keahlian untuk membuat dokumen data diri yang menarik di mata perusahaan. Atas dasar inilah, kami mengusulkan dibuat sebuah websiteprofile generator dengan nama CAAS yang menyediakan template data diri berupa CV, Portofolio, dan Name Card untuk memudahkan masyarakat baik itu pelamar pekerjaan ataupun siswa/mahasiswa untuk membuat data diri yang menarik dan sesuai di mata perusahaan. Dalam website ini, user akan langsung dapat berkonsultasi kepada admin tentang bentuk ataupun desain dari data diri yang diinginkannya.
Penerapan sistem keamanan jaringan pada kursus komputer menggunakan mikrotik Fakhris Syaifunazhirin; Nicho Abdania Saputra; Alfiyatu Nihayah; Idzmah Utmurtia; Dicky Fahmi Saputra
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 4, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v4i2.51524

Abstract

Pemanfaatan komunikasi internet pada kursus komputer berkembang menjadi jaringan yang dikenal sebagai interconnected network. Keamanan jaringan sebagai bagian aktivitas yang selalu dibutuhkan untuk membatasi kemungkinan kerusakan. Dalam satu ruang kursus memiliki sistem yang terorganisir antar komputer. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengatasi masalah pada keamanan jaringan yang digunakan di tempat kursus komputer dengan menggunakan mikrotik menjadi lebih stabil dan terhindar dari malware seperti virus, trojan, dan ancaman lainnya. Metode penelitian menggunakan Network Development Life Cycle (NDLC) dalam pemantauan kinerja jaringan. Temuan yang didapat berupa penerapan sistem keamanan jaringan menggunakan fitur dalam mikrotik yaitu firewall dan web proxy sangat memudahkan pengawasan jaringan apabila terjadi masalah keamanan maupun koneksi jaringan.  Kesimpulan yang diperoleh dari hasil pengujian dari penerapan sistem keamanan jaringan yaitu operator dapat mengatur akses para pengguna jaringan komputer di tempat kursus dengan lebih baik mendapatkan layanan internet. Jaringan Local Area Network (LAN) yang sederhana memberikan satu akun login untuk memantau setiap pengguna.
Evaluasi pengguna end-user terhadap prototipe aplikasi mobile untuk inovasi teritorial Salma Aulia
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v4i1.64389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi dan kepuasan pengguna end-user terhadap sebuah prototipe aplikasi mobile yang dirancang untuk mendorong inovasi teritorial. Inovasi teritorial adalah konsep penting dalam pengembangan daerah dan wilayah yang memungkinkan pemanfaatan sumber daya lokal dan kolaborasi antar pihak terlibat. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian partisipatif untuk mengembangkan prototipe aplikasi mobile yang memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi di antara pemangku kepentingan lokal. Survei pengguna end-user yang telah menggunakan prototipe aplikasi mencakup pertanyaan terkait kemudahan penggunaan, kegunaan aplikasi, serta tingkat kepuasan pengguna terhadap fitur-fitur yang ditawarkan. Tujuan evaluasi ini dapat memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan prototipe aplikasi mobile ini guna mendukung efektivitas inovasi teritorial di masa depan. Hasil dari evaluasi pengguna end-user menyoroti aspek-aspek seperti kemudahan penggunaan, fungsionalitas, dan kebergunaan prototipe aplikasi. Temuan ini dapat memberikan wawasan berharga untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut aplikasi mobile ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mendukung upaya inovasi teritorial dan memberikan panduan praktis bagi pengembang aplikasi yang ingin memperkuat kolaborasi dan komunikasi di tingkat lokal.
Penerapan metode first expired first out (fefo) pada sistem informasi gudang Falentino Sembiring; Dede Sukmawan; Anton Perman; Muchtar Jamy F
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v1i2.21999

Abstract

Proses pengawasan dan pelaporan yang praktis dan mudah merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan penginventarisasian gudang obat, sehingga diperlukan suatu sistem inventori gudang yang mampu mengolah transaksi secara efektif dan efisien. Penggunaan sistem yang terkomputerisasi akan lebih banyak menghemat waktu, tidak menyita banyak tenaga, dan menghasilkan data yang akurat. Sistem inventori Gudang ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman JSP dan MySQL untuk pengolahan basis datanya. Metode yang digunakan dalam penerapan sistem informasi gudang menggunakan first expired first out (FEFO) agar dapat meningkatkan kualitas inventory gudang obat. Hasil dari penelitian ini diharapkan dengan adanya sistem inventory gudang, petugas dapat melakukan transaksi yang ada secara efektif dan efisien, mengantisipasi stok obat yang kosong karena terdapat batas minimal obat harus tersedia, memperoleh informasi secara cepat dan tepat mengenai data-data obat, sehingga petugas lebih mudah untuk memeriksa data obat. Selain itu, dengan metode first expired first out (FEFO), petugas dapat mengantisipasi terjualnya obat kadaluarsa kepada pelanggan.
Apakah model pembelajaran problem-based learning efektif diterapkan pada pendidikan kejuruan abad 21? Nur Indah Nopriska Rizaldi; Ananda Sekar Putri
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 3, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v3i1.32735

Abstract

Pendidikan Kejuruan memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan terampil yang siap bekerja sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman, maka dari itu diperlukan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat menunjang proses pembelajaran peserta didik selama di sekolah, salah satu dari model tersebut adalah problem-based learning. Metode ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang wajib dikuasai pendidik abad 21, khususnya pendidik vokasi. Namun,  jika dilihat dari tingginya tingkat pengangguran lulusan SMK, timbul pertanyaan benarkah metode pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan kompetensi lulusan pendidikan kejuruan. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari problem-based learning yang diterapkan di sekolah kejuruan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah para siswa SMKN 3 Kota Bekasi di Kota Bekasi, sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni kelas 12 sebanyak 30 responden (22 pria, 8 wanita). Berdasarkan uji hipotesis, didapatkan nilai sebesar 11,457. Nilai tersebut memberikan makna bahwa problem-based learning efektif memastikan siswa telah menguasai suatu kompetensi di lokasi penelitian. Penguasaan kompetensi tersebut juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, salah satunya adalah penguasaan penerapan metode oleh guru. Kami berharap hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu sumber data empiris untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan efektivitas dari metode problem-based learning.
Rancang bangun platform digital pemeliharaan hewan berbasis website sebagai solusi perawatan hewan Rifqi Syamsul Fuadi; Wildani Fauzi; Noviyanti Nurjannah; Rizky Merdika Agusta; Siti Nurjannah
INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education) Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/integrated.v4i1.45885

Abstract

Sering dijumpai permasalahan perawatan hewan dikalangan masyarakat seperti kurangnya pengetahuan dalam merawat hewan, kurangnya kepedulian terhadap hewan yang dipelihara, dan terbatasnya interaksi antara owner dengan dokter hewan yang biasanya diakibatkan karena jarak atau biaya yang dipatok. Sehingga dengan adanya permasalahan diatas, memelihara hewan dengan hambatan yang ada bisa menimbulkan penyakit baik dari hewan maupun dari pemilik hewannya. Dari permasalahan diatas, penulis menawarkan suatu solusi yang dapat meminimalisir permasalahan terhadap pemeliharaan dan perawatan hewan dengan dirancangnya suatu sistem informasi pemeliharan hewan berbasis website yang diberi nama Anabul Care. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Design Thinking yang meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Setelah dilakukan tahap awal pada proses ini terdapat beberapa problem yang terjadi yaitu, Kurangnya informasi atau pengetahuan perihal perawatan hewan, Kesulitan menjangkau dokter hewan (baik dari segi dana maupun jarak), Terhambatnya penanganan hewan sakit dan terlantar disebabkan pandemi Covid-19, dan Kurang lengkapnya data riwayat penyakit dari hewan yang sakit dan terlantar. Dari tahapan yang dilakukan mulai dari empathize hingga usability testing, diperoleh data bahwa calon user masih merasa sedikit kebingungan dengan implementasi uji coba produk dari hasil prototype. Kemudian terdapat saran dari calon user bahwa penggunaan warna bisa lebih dimaksimalkan lagi serta perbaikan lainnya. Oleh karena itu, perancangan website ini diharapkan dapat berjalan sesuai kebutuhan dan keinginan para pengguna agar dapat bermanfaat dengan baik.