Integrated : Journal Of Information Technology and Vocational Education
Vol 3, No 1 (2021)

Potensi pemanfaatan teknologi 5g guna mendukung pembelajaran daring

Endah Setyowati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Galura Muhammad Suranegara (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fauziyah Rhaudhatul Jannah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap beberapa sektor. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan semenjak pandemi Covid-19 melanda. Proses kegiatan belajar mengajar luring beralih menjadi pembelajaran daring. Maka pendidikan saat ini sangat membutuhkan akses jaringan yang reliabel. Hadirnya teknologi 5G berpotensi untuk menjawab tantangan tersebut. Teknologi 5G menjanjikan kecepatan yang mencapai 1 Gbps, latency sub-milisekon dan jangkauan sinyal yang lebih baik. Selain itu, teknologi 5G juga mendukung Augmented Reality atau Virtual Reality yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran berbasis teknologi dalam rangka digitalisasi dunia pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan bandwidth yang lebih lebar, round trip time yang lebih kecil dan penggunaan antenna Massive-MIMO. Paper ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemanfaatan Teknologi 5G dan teknologi pembangunnya guna mendukung pembelajaran daring yang reliabel. Sehingga pembelajaran daring dapat dilakukan dimanapun, tanpa hambatan dan gangguan internet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

integrated

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

INTEGRATED is a scientific journal published by the Department of PSTI UPI Kampus Purwakarta. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information system and vocational education. INTEGRATED is published twice a year in April and ...