Integrated : Journal Of Information Technology and Vocational Education
Vol 6, No 1 (2024)

Perancangan antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi media pengawasan remaja bagi orang tua

Nanda Ayuningtyas (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tafa Indra Sukma (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aldi Megan Hamdika (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) yang efektif dan efisien untuk aplikasi media pengawasan remaja bagi orang tua. Aplikasi ini memungkinkan orang tua untuk memantau aktivitas online remaja mereka, seperti penggunaan media sosial, situs web yang dikunjungi, dan pesan yang dikirim dan diterima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian design thinking dengan melibatkan orang tua dan remaja sebagai responden. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menginginkan aplikasi yang mudah digunakan, memiliki desain yang menarik, dan menyediakan informasi yang relevan tentang aktivitas online remaja mereka. Berdasarkan hasil penelitian, rancangan sebuah prototipe aplikasi dengan UI/UX yang intuitif dan informatif. Prototipe ini diuji coba dengan melibatkan orang tua dan remaja, dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka puas dengan desain dan fungsionalitas aplikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan UI/UX yang efektif dan efisien sangat penting untuk aplikasi media pengawasan remaja. Desain yang baik dapat membantu orang tua untuk memantau aktivitas online remaja mereka dengan mudah dan efisien, dan pada saat yang sama dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi remaja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

integrated

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

INTEGRATED is a scientific journal published by the Department of PSTI UPI Kampus Purwakarta. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on information system and vocational education. INTEGRATED is published twice a year in April and ...