Di era digital saat ini media sosial adalah hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat dan menjadi salah satu bagian dari teknologi yang banyak diminati. Penggunaan media sosial telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai media penyebaran informasi, promosi hingga branding suatu bisnis atau usaha. Dalam mengelola media sosial suatu brand atau usaha ternyata terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilakukan. Suatu usaha atau brand dapat menggunakan jasa Digital Advertising yang dapat membantu bisnis atau usaha untuk branding atau mempromosikan produk atau jasa. Kegiatan Social Media Officer (SMO) khususnya pada media sosial Instagram meliputi merancang content plan dan editorial plan, mengelola media sosial, melakukan analisa media sosial, membuat weekly insight report dan monthly report media sosial, serta melakukan koordinasi dan kerjasama dengan beberapa pihak terkait. Dalam menjalankan kegiatan tersebut terdapat hambatan yang ditemukan seperti kurangnya engagement untuk beberapa akun media sosial dan kurangnya referensi gambar (bank Image) untuk konten yang akan dibuat. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian bertujuan memberikan saran atau solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah melakukan koordinasi dan komunikasi yang lebih intensif kepada pihak terkait, dan mengoptimalkan penggunaan konten untuk media sosial agar mendapatkan engagement yang lebih tinggi.
Copyrights © 2023