PENABIBLOS
Vol. 13 No. 02 (2022): JURNAL PENABIBLOS (JPS)

INTEGRASI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES) DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Gloria Stella Maliangkay (Unknown)
Lie Agan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Pendidikan agama Kristen berbasis multiple intelligences merupakan model pembelajaran pendidikan Kristen di sekolah dasar yang memberikan pendekatan pembelajaran dengan memanfaatkan pandangan multiple intelligences manusia. Kenyataannya, tidak ada keterpaduan antara teori multiple intelligences dan pendidikan agama Kristen untuk siswa sekolah dasar.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan multiple intelligences dan pendidikan agama Kristen melalui proses sintesis prinsip multiple intelligences dan pendidikan agama Kristen. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat membantu guru pendidikan Kristen untuk memilih pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan cara belajar anak sekolah dasar. Guru pendidikan Kristen juga diharapkan mampu merancang materi untuk sekolah dasar yang alkitabiah.Dari hasil sintesis antara prinsip multiple intelligences dan pendidikan agama Kristen anak, maka lahir prinsip pendidikan agama Kristen untuk anak sekolah dasar berbasis multiple intelligences yang dituangkan ke dalam berbagai elemen pendidikan agama Kristen, yaitu elemen siswa, guru, kurikulum, teori belajar, metode pengajaran, lingkungan belajar, teknologi pembelajaran, aturan belajar, dan evaluasi pembelajaran. Guru PAK diharapkan dapat memanfaatkan teori multiple intelligences dengan baik dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

JURNAL PENABIBLOS merupakan jurnal dengan Scope Pendidikan agama kristen, musik gereja dan teologi konseling kristen yang dikelola oleh prodi S2 PAK ...