JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 6, No 1 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI BUDAYA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK SISWA SMP

Alamsyah Alamsyah (Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suherman Suherman (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar seni budaya yang dapat diaplikasikan ke smartphone berbasis android dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Dick dan Carey yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh yang diakses dimanapun dan kapanpun pada pembelajaran seni budaya pada materi menggambar ilustrasi kelas 8 (delapan) di SMPN 19 Kota Tangerang. Metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan melalui validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan uji coba produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner skala likert dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian dan pengembagan ini berupa bahan ajar seni budaya yang dapat diaplikasikan ke smartphone berbasis android yang dikembangkan melalui beberapa tahap yakni meyiapkan perencanaan berupa flowchart, membuat desain dengan dua draft, hingga di publikasi melalui playstore. Pengujian kelayakan ahli media memiliki kategori sangat baik dengan skor 114 atau rata-rata 5 dari segi aspek isi dan tampilan program, sedangkan dari aspek kualitas teknis, keefektifan program memiliki kategori sangat baik dengan skor 105 atau rata-rata 5, ahli materi sebesar 125 dengan rata-rata 5 (Sangat Baik), sedangkan dari aspek ketepatan materi memiliki total nilai 65 dengan rata-rata 5 (sangat baik), dari ahli bahasa memiliki total nilai 30 dengan rata-rata 5 (sangat baik) dan keberhasilan desain bahan ajar juga diuji coba ke lapangan dengan mendapat nilai sebesar 4,8 (sangat baik) atau kategori “layak”, kemudian dilakukan uji coba tes tertulis dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 65 dan post-test yang mengalami kenaikan rata-rata nilai menjadi sebesar 85. Sehingga produk yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : bahan ajar seni budaya, adobe flash, smartphone android.

Copyrights © 2019