Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah penggunaan metode demonstrasi dan media audio visual dalam memainkan rebana hadrah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Serang, yang dilaksanakan melalui pra siklus dan Siklus. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian trindakan kelas (PTK) yang disusun berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan (planning) yang meliputi kegiatan analisis faktor penyebab dan penetapan aksi (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengumpulan data (observing) dan (4) refleksi yang berupa analisis efektivitas tindakan. Serangkaian kegiatan ini merupakan satu siklus. Pada pra-siklus hanya beberapa orang siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian didapat keterampilan bermain hadrah siswa menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual pada pra siklus sebesar 38,8% yang telah mencapai KKM dan pada siklus 1 sebesar 88,2% dari seluruh siswa di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian selama pra siklus dan I dapat disimpulkan bahwa keterampilan memainkan alat musik rebana Hadrah meningkat setelah siswa mengikuti pembelajaran seni musik dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Audio Visual
Copyrights © 2024