JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran

Penguasaan Ritme dan Tempo Dalam Memainkan Alat Musik Hadrah pada Peserta Didik : Metode Demonstrasi Audiovisual

Cucu Atikah (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah penggunaan metode demonstrasi dan media audio visual dalam memainkan rebana hadrah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Serang, yang dilaksanakan melalui pra siklus dan Siklus. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian trindakan kelas (PTK) yang disusun berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan (planning) yang meliputi kegiatan analisis faktor penyebab dan penetapan aksi (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengumpulan data (observing) dan (4) refleksi yang berupa analisis efektivitas tindakan. Serangkaian kegiatan ini merupakan satu siklus. Pada pra-siklus hanya beberapa orang siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian didapat keterampilan bermain hadrah siswa menggunakan metode demonstrasi dan media audio visual pada pra siklus sebesar 38,8% yang telah mencapai KKM dan pada siklus 1 sebesar 88,2% dari seluruh siswa di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian selama pra siklus dan I dapat disimpulkan bahwa keterampilan memainkan alat musik rebana Hadrah meningkat setelah siswa mengikuti pembelajaran seni musik dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Audio Visual

Copyrights © 2024