JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 11, No 1 (2024): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran

Teori Perkembangan Manusia Menurut Jean Piaget Dan Albert Bandura Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran

Yanti Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas teori perkembangan manusia dari sudut pandang kognitivisme dan teori belajar sosial serta implikasinya dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup ulasan tentang teori kognitivisme oleh Jean Piaget, teori belajar sosial oleh Albert Bandura serta implikasinya dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pendidik bertanggung jawab menghadirkan pembelajaran yang berkualitas, yaitu pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik sehingga stimulus yang diberikan melalui pendidikan menjadi lebih bermakna  bagi masing-masing individu.  Dengan adanya teori perkembangan manusia yang dikemukakan oleh ahli, pendidik memiliki acuan agar dapat menyajikan pembelajaran yang bermakna dan berkualitas bagi peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya

Copyrights © 2024